Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 13 2022

    Benarkah Menaruh iPhone Menghadap Bawah Dapat Bantu Hemat Daya Baterai?

    Banyak manfaatnya sih, Kawula Muda!

    iPhone 13 dan iPhone 13 Pro (UNSPLASH/Vanja Matijevic)


    Meletakan iPhone menghadap ke bawah mungkin menjadi kebiasaan bagi sebagian besar pengguna ponsel besutan Apple tersebut. 

    Alasan utama yang paling sering didengar tentu untuk melindungi bagian bezel kamera iPhone. Terutama, pada iPhone generasi terbaru, bentuk kamera memang lebih menonjol dari badan iPhone secara keseluruhan. 

    iPhoneiPhone (UNSPALSH/Kevin Bhagat)

     

    Namun, rupanya ada manfaat lain dari meletakan iPhone dengan menghadap ke bawah loh! Salah satunya untuk membantu menghemat daya baterai. 

    Mulai dari iOS 9 dan seterusnya, iPhone sudah dibekali dengan fitur Face Down Detector. Maksudnya, iPhone secara otomatis akan dimatikan layarnya ketika diletakan dengan posisi menghadap ke bawah.

    Adapun fitur tersebut bekerja dengan memanfaatkan sensor di bagian notch layar iPhone. Dengan sensor tersebut, iPhone dapat secara otomatis mengatur kecerahan layarnya berdasarkan kondisi cahaya. 

    Namun, saat sensor tersebut tertutup, maka layar iPhone akan mati secara otomatis, Kawula Muda! Karena itu, layar iPhone tidak akan menyala pada saat tidak diperlukan. 

    Sebaliknya, apabila layar iPhone menghadap ke atas, maka akan ada kemungkinan layar akan menyala secara otomatis ketika mendapat notifikasi. Hal tersebut pun memakan daya baterai karena layar menjadi hidup dan mati dalam waktu yang singkat. 

    Karena itulah, meletakan iPhone dengan posisi layar menghadap ke bawah bisa menjadi salah satu alternatif agar ponsel lo hemat baterai, Kawula Muda! Hal tersebut bermanfaat ketika baterai ponsel lo sudah merah alias sudah lemah. 

    Editor Team

    COMMENT