Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 06 2022

    Cara Aman Gunakan WiFi Publik Gratis agar Terhindar dari Kebocoran Data

    Berhati-hati dalam menggunakan wifi publik

    ilustrasi wifi public (freepik/vectorjuice)


    Kebocoran data dari sosial media belakangan ini marak terjadi. Salah satu yang bisa mencuri data pengguna adalah melalui koneksi WiFi publik gratis dengan pemakaian yang kurang tepat. 

    WiFi publik yang gratis cukup mudah didapatkan. Namun, sering kali orang lupa dengan bahaya yang mengintai dalam menggunakan WiFi publik seperti pencurian dari rekening bank secara digital.

    Dilansir dari Kompas, Rudy Alamsyah, pakar digital forensik menjelaskan bahayanya. “Free WiFi berbahaya karena bisa dijadikan kamuflase dari sebuah WiFi palsu (rogue access point), sehingga pengguna WiFi gratis tersebut bisa dipantau ataupun diretas oleh hacker pembuat free wifi palsu tersebut,” ujarnya dilansir dari Kompas. 

    Rudy juga menambahkan, “Bila di device kita ada data penting atau pun saat kita mau akses internet seperti internet banking, mobile banking, dan akses situs penting bersifat rahasia lainnya, sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan free WiFi.” jelas Rudy. 

    Rudy juga mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak mengetahui dan tidak bisa membedakan antara WiFi publik yang asli atau WiFi publik yang palsu. 

    Ilustrasi WiFiIlustrasi WiFi (Freepik)

     

    Hacker kerap menggunakan nama yang sama untuk WiFi palsunya seperti “Bandara 2” atau “Stasiun 2”. Selain itu, para hacker juga terkadang mampu mengambil alih WiFi publik. Hal ini bisa terjadi jika WiFi publik tersebut tidak memasang lapisan enkripsi setinggi mungkin sehingga hacker bisa menembus dan mengambil alih.

    Beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menggunakan WiFi publik di antaranya:

    1. Memastikan bahwa WiFi publik tersebut resmi

    2. Gunakan WiFi publik untuk keperluan umum

    3. Tidak memasukkan data pribadi apa pun ketika sedang terhubung dengan WiFi publik

    4. Hindari transaksi dari mobile banking atau sejenisnya ketika terkoneksi dengan jaringan WiFi publik gratis.

    Untuk bisa mengetahui bahwa jaringan tersebut resmi dan aman, lo bisa menilai dari informasi yang diberikan. Ketika informasi yang didapat tidak hanya berupa SSID dan password tetapi juga MAC address dari WiFi publik tersebut, maka kemungkinan besar jaringan itu dapat dikategorikan ke dalam WiFi publik yang aman. 

    Editor Team

    COMMENT