Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 08 2021

    Data Streamer di Aplikasi Twitch Bocor, Platform Streaming Amazon Itu Masih Melakukan Penyelidikan

    Kawula Muda, gawat banget nih datanya bisa sampe bocor!

    Twitch, aplikasi streaming milik Amazon. (GETTY IMAGES)

    Kawula Muda, data dalam platform streaming milik Amazon, Twitch, bocor ke publik. Pasalnya, telah terjadi kesalahan konfigurasi server sebelum data itu akhirnya diretas oleh salah seorang hacker.

    Tak tanggung-tanggung, data rahasia sebesar 125GB bocor melalui situs 4Chan, sebuah situs anonim berbahasa Inggris. Pasalnya, berbagai data streamer termasuk rincian tentang pembayaran streaming Twitch dan kode sumber situs juga ikut terkuak.

    Aplikasi Twitch sendiri merupakan salah satu aplikasi media tontonan yang banyak digunakan para content creator di luar negeri, sama halnya dengan YouTube di Indonesia. 

    Melalui platform ini, para content creator bisa melakukan live streaming dan menawarkan fitur berbicara langsung dengan para penggemarnya di Twitch. Salah satu konten yang marak ditemukan di Twitch yakni game dan esports.

    Melansir VOI, pihak Twitch telah memberi penjelasan terkait kejadian tersebut. Mereka juga mengatakan dalam situs blognya bahwa data seperti kredensial login dan nomor kartu kredit tidak mungkin bocor, karena data tersebut tidak disimpan oleh perusahaan.

    Namun, Twitch diketahui masih menyelidiki insiden tersebut hingga tuntas.

    Adapun streamer yang menggunakan Twitch Studio, Xbox, PlayStation, Streamlabs, dan Twitch Mobile App tidahk perlu meng-update perangkat lunak siaran mereka secara manual dengan kunci baru.

    Hal itu juga berlaku bagi pengguna akun OBS yang sudah menghubungkan akun Twitch mereka ke perangkat lunak. Namun, perlu dicatat bahwa pengguna OBS yang belum melakukan sinkronasi, perlu memasukkan kunci baru secara manual untuk bisa memulai streaming.

    Pun Twitch diketahui telah menambahkan pembaruan dan pengaturan ulang semua kunci aliran.

    Semoga tidak ada kebocoran data yang lain, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT