Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 13 2022

    Ilmuwan Israel Uji Kemampuan Ikan Mas untuk Kendalikan Mobil

    Wah, menarik ya penelitiannya, Kawula Muda!

    Ilustrasi ikan mas (UNSPLASH/Esteban Bern)

    Tim peneliti dari Universitas Ben-Gurion, Israel, tengah menguji kemampuan ikan mas untuk mengendalikan kendaraan. 

    Disebut sebagai Fish Operating Vehicle (FOV), para peneliti melatih ikan mas untuk memberikan respon yang sesuai dengan situasi kendaraan.

    “Anehnya, tidak butuh waktu lama bagi ikan untuk belajar mengemudikan kendaraan. Mereka bingung pada awalnya. Mereka tidak tahu apa yang terjadi, tetapi mereka sangat cepat menyadari bahwa ada korelasi antara gerakan mereka dan gerakan mesin yang mereka pakai,” tutur peneliti Shachar Givon, seperti dikutip Suara.com dan Autoblog. 

    Dengan menggabungkan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging) dan penginderaan jauh, peneliti menggunakan sinar laser untuk mengumpulkan data di dalam kendaraan. Perangkat seperti komputer, kamera, motor listrik, serta roda omni-directional juga digunakan untuk memberikan ikan kendali penuh atas kendaraan.

    Hingga saat ini, terdapat enam ekor ikan mas yang dilatih untuk mengendarai kendaraan masing-masing. Terdapat 10 pelajaran mengemudi yang diberikan kepada tiap-tiap ikan. 

    Nantinya, apabila ikan tersebut mencapai target yang ditentukan, mereka berhak untuk diberikan makanan. 

    “Ada ikan yang sangat baik dalam menunjukkan kendali atas kendaraan tetapi kurang mahir dalam mengemudikannya,” tutur profesor biologi dan ahli saraf, Ronen Segev, dikutip dari Suara

    “Kami manusia menganggap diri kami sangat istimewa dan banyak yang menganggap ikan sebagai primitif, tetapi ini tidak benar. Ada makhluk lain yang sangat pintar,” tambahnya. 

    Selain ikan, satwa lain yang pernah dilatih untuk mengemudi mobil adalah anjing, kucing, hingga tikus. 

    Editor Team

    COMMENT