Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 31 2021

    Mulai Dibagikan September, Begini Cara Cek Kuota Belajar Gratis dari Kemendikbud Ristek

    Kawula Muda, asik banget nih pelajar dan guru dapet kuota gratis!

    Ilustrasi pembelajaran jarak jauh. (PIXABAY)

    Kawula Muda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) diketahui akan memberikan kuota internet gratis untuk seluruh pelajar beserta tenaga pendidik di Indonesia dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi, untuk mendukung berjalannya program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

    Pembagian kuota itu diketahui mulai didistribusikan mulai bulan September hingga November 2021. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya di sini, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kuota internet itu.

    Satu di antaranya yaitu data penerima kuota harus diperbarui oleh kepala satuan pendidikan, serta memberikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepada Mendikbud selambat-lambatnya 31 Agustus, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

    "Lalu bagaimana cara mengetahui jika kuota internet tersebut sudah masuk?"

    1. Telkomsel

    Dengan USSD *888#,kamu bisa mengecek kuota dengan memilih menu "Cek pulsa dan kuota", kemudian pilih "Cek kuota". Nantinya, sisa kuota yang kamu dapatkan akan langsung tertera di layar.

    Jika mengalami gangguan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi "MyTelkomsel". Daftar terlebih dahulu atau masuk menggunakan nomor HP kamu, kemudian akan tertera sisa kuota persis di bagian bawah sisa pulsa kamu.

    Kamu pun bisa klik "Internet" untuk melihat lebih rinci.

    2. XL Axiata

    Jika kamu menggunakan provider XL, kamu bisa mengecek kuota melalui USSD *123*7*1*1#. Jika kamu menggunakan AXIS, kamu cukup menekan *123*7*3# untuk memeriksa sisa kuota kamu..

    Bisa juga dengan menggunakan aplikasi "AXISNet" atau "myXL" untuk memantau kuota internet lebih mudah.

    3. Indosat Ooredoo

    Untuk kamu siswa atau pengajar yang menggunakan Indosat, kamu bisa cek kuota melalui USSD *123*075#, selanjutnya cukup klik "Status & Cek Kuota" dan detail paket dan kuota kamu akan dikirimkan melalui SMS.

    Indosat juga telah menyediakan aplikasi bernama "myIM3" untuk mengecek sisa kuota melalui menu "Data".

    4. Tri atau 3

    Ilustrasi mengecek kuota di aplikasi bima+Ilustrasi mengecek kuota di aplikasi bima+. (Dok. TRI)

     

    Mengecek kuota juga sangat mudah dilakukan untuk kamu pengguna Tri. Hanya melalui USSD *123*1083#, kemudian pilih menu informasi kuota, dan seluruh informasi mengenai kuota dan paket internet kamu akan kamu terima melalui SMS.

    Ada juga aplikasi bernama "Bima+" untuk memudahkan pengecekan kuota data.

    5. Smartfren

    Siapa, nih, pengguna Smartfren? Pengecekan kuota juga terbilang mudah untuk siapapun yang menggunakan operator Smartfren. Hanya dengan klik *995# pada menu panggilan, dan kamu akan menerima SMS berapa banyak kuota yang masih tersedia di jaringan kamu.

    Kamu pun bisa menggunakan aplikasi "MySmartfren" dan pilih menu "Paket Saya" untuk mengecek kuota internet.

    Perlu diingat bahwa kamu penerima kuota internet yang tidak menggunakan kuota gratis ini tidak akan mendapat bantuan kuota internet selanjutnya, ya. Pun kamu tidak bisa menggunakan kuota gratis ini untuk media sosial dan beberapa aplikasi hiburan lainnya.

    Kamu kebagian kuota gratis, enggak, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT