Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 23 2021

    Saingi Samsung, Microsoft Luncurkan Ponsel Lipat Terbaru, Surface Duo 2

    Kawula Muda, menurut lo punya ponsel lipat itu perlu gak sih?

    Microsoft Surface Duo 2. (Dok. THEVERGE)

    Ponsel lipat jadi trendi, perusahaan smartphone kini berbondong-bondong untuk hadirkan smartphone lipat kembali ke pasaran, bahkan Microsoft baru saja merilis penerus Surface Duo (Rp20,6 juta) yang telah diluncurkan pada bulan April 2020 lalu.

    Kali ini, Microsoft menamai ponsel lipat teranyarnya Surface Duo 2. Microsoft menjanjikan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih mahal.

    Perbedaan Surface Duo dan Surface Duo 2

    Tampilan notifikasi pada Microsoft Surface Duo 2Tampilan notifikasi pada Microsoft Surface Duo 2. (Dok. GSMARENA)

     

    Melansir detikInet, ada banyak sekali perbedaan dalam segi spesifikasinya. Meskipun kedua seri tersebut menggunakan layar PixelSense Fusion berpanel AMOLED. Namun, Surface Duo memiliki ukuran 5,6 inci dan 8,1 inci ketika dibentangkan.

    Berbeda dengan Surface Duo 2 yang memiliki layar 5,8 inci dengan resolusi 1344 x 1892 piksel. Ketika layar dibentangkan, layar Surface Duo 2 menjadi 8,3 inci dengan resolusi 2688 x 1892 piksel.

    Pun pada layar Surface Duo 2, terdapat lengkungan di tepi bagian dalam. Lengkungan itu akan menyala dan mudah terlihat dari luar untuk menunjukkan notifikasi.

    Soal performa, Surface Duo sebelumnya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 885. Berbeda dengan Surface Duo 2 yang telah menyematkan Qualcomm Snapdragon 888 5G.

    Surface Duo 2 tawarkan triple camera, kapasitas penyimpanan, dan kapasitas baterai yang lebih besar

    Tak berhenti sampai situ, Kawula Muda, karena Microsoft juga akan menawarkan tiga kamera belakang, dengan kamera utama 12MP (f/1.7) yang dilengkapi dengan OIS dan dual LED Flash. Ada pula kamera ultra-wide 16MP (f/2.2) dan kamera telefoto 12MP (f/2.4) yang juga memiliki OIS serta zoom optik 2x.

    Surface Duo 2 diketahui menjalankan sistem operasi Android 11 dan telah terintegrasi langsung dengan Microsoft 365 dan Microsoft Teams untuk memudahkan komunikasi dalam pekerjaan kamu.

    Kamu pun bisa membuka dua aplikasi sekaligus pada masing-masing layar, lho. Tentunya dengan RAM LPDDR5 8GB, serta pilihan penyimpanan internal 128GB, 256GB, dan 512GB, tentunya segala aktivitas kamu bisa dilakukan dalam satu genggaman.

    Surface Duo 2 sendiri telah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari pendahulunya. Semula berdaya 3577mAh, dan kini Surface Duo 2 dibekali baterai 4.449mAh yang bisa diisi ulang menggunakan kabel USB Type C serta teknologi fast charging 23W.

    Selain itu, terdapat juga pemindai sidik jari yang dipasang di samping bodi Surface Duo 2, audio stereo, NFC, hingga dukungan untuk berbagai aksesori, salah satunya Surface Slim Pen 2. Pen itu memiliki magnet yang bisa dipasang di bagian luar perangkat untuk mengisi daya. Hebat sekali, bukan?

    Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut kapan Surface Duo 2 di jual di Indonesia. Namun, satu yang pasti, Microsoft Surface Duo 2 hadir dengan dua varian warna yaitu Glacier dan Obsidian.

    HP lipat ini dibanderol dengan harga US$1.500 (Rp21,4 jutaan) untuk penyimpanan 128GB, US$1.600 (Rp22,8 jutaan) untuk penyimpanan 256GB, dan US$1.800 (Rp23,9 jutaan).

    Kamu bakal beli, enggak, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT