Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 13 2021

    Smartphone Android Pertama Belum Punya Virtual Keyboard, tetapi Berhasil Saingi iOS

    Kawula Muda, lo ngalamin Android belum bisa copy paste enggak, nih?

    T-Mobile G1. (Dok. GSMARENA)

    Kawula Muda, tahukah kalau ponsel T-Mobile G1 merupakan ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android? HP tersebut dirilis di Amerika Serikat pada Oktober 2008 lalu, satu tahun setelah Android diluncurkan ke publik.

    T-Mobile G1 sendiri merupakan ponsel hasil kolaborasi antara provider seluler T-Mobile, Google, dan HTC. Uniknya, ponsel ini benar-benar terlihat jauh berbeda dengan HP Android terkini. Bahkan, terlihat beberapa tombol fisik di bawah layar untuk pengguna menerima dan mengakhiri panggilan serta beberapa tombol untuk mengakses menu termasuk trackball.

    Layarnya pun terbilang mungil. Hanya dengan diagonal 3,2 inci (480 x 320 piksel), HP tersebut sudah mendukung touch input. Sementara itu, ponsel tersebut belum menyediakan virtual keyboard sehingga kamu perlu mengetik dengan papan ketik QWERTY.

    Kamu pun perlu menggeser layar (slide) untuk menggunakan keyboard tersebut.

    Melansir KOMPAS.com, performa T-Mobile G1 diusung oleh system-on-chip Qualcomm MSM7201A single-core CPU ARM11 dengan kecepatan 528MHz.

    Penyimpanannya pun terbilang sangat kecil, mengingat RAM yang tersedia hanya sebesar 192MB dengan memori internal 256MB.

    Namun, slot kartu MicroSD telah tersedia pada ponsel ini sehingga kamu bisa mengekspansi kapasitas penyimpanan. Pun telah tersedia koneksi seluler 3G, WiFi, dan Bluetooth 2.0, meskipun fitur-fitur tersebut masih jauh dari kata cukup tanpa virtual keyboard dan pinch-to-zoom untuk memperbesar gambar.

    Di balik kekurangannya, Android 1.0 telah menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan sistem operasi Apple, iOS, yang telah diluncurkan satu tahun lebih dulu.

    Pada Android 1.0 pun kamu sudah bisa mengubah tampilan home screen, widget, notification drawer, hingga copy dan paste.

    Kalau Kawula Muda pertama kali merasakan Android tahun berapa, nih?

    Editor Team

    COMMENT