Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 27 2021

    Ulang Tahun ke-23, Google Rayakan dengan Doodle Kue Tart dan Sejarah Terbentuknya Google

    Kawula Muda, siapa nih yang kalau ngerjain tugas selalu carinya di Google?

    Google Doodle perayaan ulang tahun ke-23. (Dok. GOOGLE)

    Kawula Muda, mesin pencarian nomor satu di dunia hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-23. Dalam perayaan kali ini, Google menampilkan sebuah animasi Google Doodle berupa kue tart di laman utamanya.

    Kue tart tersebut berlumur cokelat dan meses di atasnya. Pun masing-masing alfabet dari Google juga dibalut dengan cokelat dan meses.

    Melihat laman perayaan ulang tahun Google ke-23, tertulis sejarah bagaimana Google terbentuk. Ada pula draft Google Doodle hingga bentuk-bentuk Google Doodle saat perayaan ulang tahun Google tahun-tahun sebelumnya.

    Dalam lama tersebut, Google menjelaskan bagaimana Sergey Brin dan Larry Page, kedua penemu Google, bertemu.

    Pada tahun 1997 silam, Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana Standford University ditugaskan untuk menunjukkan Larry Page yang tengah mempertimbangkan Standford University sebagai tempat pendidikan pascasarjananya.

    Tahun berikutnya, keduanya membentuk mesin pencarian di kamar asramanya dan mengembangkan prototipe pertama mereka. Kemudian, Google Inc. pun lahir.

    Pendiri Google, Larry Page dan Sergey BrinPendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. (GETTY IMAGES)

     

    Melansir KOMPAS.com, tanggal ulang tahun Google beberapa kali sempat berubah. Wikipedia mengatakan bahwa Google resmi mendirikan perusahaannya pada 4 September 1998. Namun, pada ulang tahun Google yang ke-5, Google merayakan ulang tahunnya pada tanggal 8 September.

    Kembali berbeda, Google merayakan ulang tahunnya yang ke-6 pada tanggal 7 September. Sementara itu, ulang tahun ke-7 dirayakan Google di tanggal yang jauh berbeda dari sebelumnya, yaitu 26 September.

    Pada tahun 2006, barulah Google menentukan ulang tahunnya pada tanggal 27 September. Menurut Google, tanggal tersebut ditentukan agar mereka bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil tercatat oleh mesin pencarinya pada saat itu.

    Nama "Google" pun lahir secara tidak sengaja. Brin dan Page diketahui berencana untuk menamai mesin pencariannya dengan nama "Googol". Nama tersebut merupakan istilah matematika untuk angka 1 (satu) yang diikuti oleh 100 angka nol.

    Nama tersebut diambil dengan harapan agar Google bisa sesuai dengan misinya yaitu sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

    Namun, siapa sangka, tipo yang dilakukan oleh para investor membuat Brin dan Page menggunakan nama Google sebagai mesin pencari mereka hingga saat ini.

    Enggak kebayang, ya, Kawula Muda, gimana hidup tanpa Google. Selamat Ulang tahun Google!

    Editor Team

    COMMENT