Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 09 2022

    Viral Foto Alien Rebahan di Mars, Simak Penjelasannya!

    Pareidolia adalah fenomena tipuan mata saat melihat planet.

    Ilustrasi planet Mars. (PIXABAY)

    Dugaan adanya kehidupan di planet Mars sudah cukup lama ramai dibicarakan publik. Ada yang mengatakan bahwa manusia akan pindah ke Mars lantaran planet tersebut tak berbeda dengan bumi dan bisa ditinggali.

    Beberapa waktu lalu, sebuah blog bernama UFO Sightings Daily mengklaim telah melihat 'seseorang' sedang berbaring di foto yang dikirim kendaraan penjelajah Mars pada 2021.


    NASAAstrobotic's Peregrine Lander. (ASTROBOTIC)

     

    "Saya menemukan sesuatu yang unik, sesuatu yang 100 persen bukti kehidupan cerdas. Ada seseorang yang sedang berbaring mengawasi kendaraan penjelajah Mars NASA dari jarak yang aman," tulis penulis blog tersebut, Scott C Waring.

    Waring bercerita bahwa ia menemukan sesuatu seperti alien. Ia menjelaskan tingginya sekitar 1 kaki dan sedang berbaring. Makhluk tersebut memiliki wajah berwarna merah muda serta memiliki jejak kaki.

    Namun, apa yang dilihat dan dijelaskan oleh Waring adalah salah. Hal itu merupakan tipuan semata yang lumrah terjadi di planet lain. Ini dinamakan pareidolia dan mimetolith.

    Pareidolia adalah fenomena tipuan mata yang membuat manusia melihat sesuatu yang bermakna, padahal bukan seperti apa yang dilihat.

    Sedangkan mimetolith yaitu formasi batuan yang terlihat seperti sesuatu yang lain. Fenomena ini sering terjadi saat sedang mengeksplorasi planet.

    Gambar yang menyerupai 'seseorang' yang sedang berbaring tersebut belum diketahui apa jenis pastinya. Tapi dapat dikatakan bahwa gambar tersebut memang hanya tipuan optik. 



    Editor Team

    COMMENT