10 Film Inspiratif Berdasar Kisah Nyata untuk Mengisi Waktu Selama Pandemi, Bagian 2

Kawula Muda, lanjut lagi ya, ini dia lima film inspiratif lainnya yang bisa banget jadi teman mengisi waktu.

Salah satu film inspiratif, Million Dollar Baby (2004) semula ditolak pelatih, akhirnya jadi sukses. (INSTAGRAM)
Thu, 25 Jun 2020

Melengkapi artikel sebelumnya, berikut ini lima film lainnya yang dibuat berdasarkan kisah nyata dan bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

1. Soul Surfer (2011)

Bethany Hamilton, surfer profesional, kehilangan salah satu tangannya akibat serangan hiu. Karier, bahkan kehidupannya pun, hampir tamat.

Namun, Bethany Hamilton ogah menyerah. Sebaliknya, esensi olahraga yang ditekuni itu membakar jiwa dan semangat perjuangannya. Film yang menguras air mata ini bisa membuka cara pandang kita tentang kehidupan.

2. 127 Hours (2010)

Disadur dari buku Between a Rock and a Hard Place, film 127 Hours mengangkat kisah tragis Aron Ralston saat melakukan eksplorasi di Canyon, Utah. Dia terimpit batu dan tertahan di posisi yang sangat tidak nyaman.

Hampir sepekan Ralston menimbang-nimbang di antara dua keputusan, yakni apakah harus mengamputasi sendiri lengannya dan siapa tahu bisa bertahan, atau membiarkannya sampai ia tak mampu bertahan lagi.

3. Million Dollar Baby (2004) 

Film ini juga meraih Academy Award untuk kategori Best Picture. Film ini berkisah tentang petinju putri Maggie Fitzgerald, diperankan Hilary Swank, yang bersikukuh ingin dilatih Frankie Dunn (Clint Eastwood).

Meski semula menolak keras karena selama ini cuma melatih petinju putra, Frankie akhirnya bersedia. Perjuangan Maggie bukan hanya saat mengembangkan tinju, tetapi justru perasaannya yang diaduk-aduk selama berusaha mewujudkan mimpi menjadi petinju hebat.

4. Erin Brokovich (2000)

Film ini mengupas kegigihan Erin Brokovich, ibu yang mengurus sendiri tiga anaknya. Dia berjuang sendiri karena merasa bahwa dunia tak adil baginya. Jalan terbuka saat ia diterima bekerja di sebuah lembaga hukum, meski tanpa pendidikan di bidang itu.

Ia sukses melakukan investigasi sehingga terbukalah sebuah kasus janggal yang melibatkan perusahaan real estate. Julia Roberts yang memerankan Erin Brokovich berhasil meraih Oscar sebagai Aktris Terbaik.

5. A League of Their Own (1992)

Menggunakan fase tahun 1943-an, film ini becerita tentang liga bisbol profesional putri. Meski begitu, film ini tak melului bicara olahraga. Ada juga isu-isu sosial yang berkembang pasca Perang Dunia II.

Film ini berhasil menguras emosi penonton. Namun, yang terpenting, ada pesan moral yang bisa kita dapatkan saat menyaksikan perjuangan para pemain ini.

Lengkap sudah 10 film inspiratif yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu. Selamat menonton.

Berita Lainnya