10 Musisi yang Jago Berakting di Depan Kamera Part 1

Hai Kawula Muda, ini dia para musisi yang juga jago berakting.

Trailer Film 'Elvis' (YOUTUBE/Warner Bros. Pictures)
Sun, 20 Mar 2022

Para musisi umumnya penyanyi biasanya mampu memainkan satu sampai beberapa alat musik. Namun, ada banyak musisi yang menyimpan talenta di bidang film. Mulai dari berakting hingga jadi sutradara, atau pun produser film dan serial televisi.

Berikut rangkuman 10 musisi besar dunia yang tak hanya hebat di atas panggung tapi juga handal di depan atau di belakang layar kamera. 

Frank Sinatra

Frank Sinatra merupakan musisi legendaris yang multi talenta. Beliau memiliki banyak album sukses dan salah satu ikon musik Amerika. Namun tak banyak yang tahu bila semasa hidupnya, Frank Sinatra juga menjadi aktor dan membintangi banyak film sukses.

Semasa hidupnya Frank telah membintangi 62 film. Kariernya sebagai aktor dimulai pada 1941 di film berjudul Las Vegas Nights dan tampil sebagai penyanyi dalam sebuah adegan bersama Tommy Dorsey.

Beberapa film Sinatra yang sangat ikonik antara lain, From Here to Eternity (1953), The Man with the Golden Arm (1955), Ocean’s 11 (1960), dan The Manchurian Candidate (1962).

Lewat aktingnya di film From Here to Eternity, Sinatra diganjar Piala Oscar dan meraih Golden Globe Awards sebagai aktor pendukung terbaik. Frank juga mendapat nominasi sebagai aktor terbaik di filmnya The Man with the Golden di ajang Piala Oscar dan British Academy Film Award.

Selain memiliki bakat akting pelantun My Way ini pernah duduk di bangku sutradara di film None But The Brave serta menjadi produser di tujuh film layar lebar.

Elvis Presley

Musisi legendaris yang tak kalah jago berakting adalah Elvis Presley yang juga menjadi salah satu ikon musik rock n roll dunia dan dijuluki King of Rock N Roll. Seperti Frank Sinatra, Elvis merupakan seorang entertainer sejati.

Raja Rock N Roll ini memulai karier sebagai aktor saat dirinya memperoleh kesempatan casting di film The Rainmaker meski gagal mendapat peran di film tersebut. Elvis akhirnya berhasil mendapat kontrak bersama Paramount Pictures.

Beberapa film Elvis yang sukses secara komersial antara lain, Love Me Tender (1956), Jailhouse Rock (1957), King Creole (1958), Blue Hawaii (1961) dan Viva Las Vegas (1964). Selain tampil di layar lebar Elvis Presley juga tampil di banyak acara televisi. Semasa hidupnya Elvis telah membintangi 33 film layar lebar dan 10 acara televisi.

Will Smith

Di awal kariernya, musisi bernama lengkap Willard Carroll Smith II  dikenal sebagai salah satu rapper terkenal di masanya. Berduet dengan DJ Jazzy Jeff, Smith sukses menelurkan lima album hip hop dari 1984 hingga 1994.

Karier keaktorannya dimulai ketika dia sukses membintangi serial televisi The Fresh Prince of Bel-Air yang tayang dari 1990 - 1996 dan dua kali meraih penghargaan Golden Globe sebagai aktor terbaik untuk kategori serial musik atau komedi. Smith kemudian merangkap sebagai eksekutif produser di The Fresh Prince of Bel-Air di 24 episode serial tersebut.

Film layar lebar pertama Will berjudul Where the Day Takes You, di mana ia berperan sebagai gelandangan. Sementara film box office pertama Smith adalah Bad Boys yang disutradarai Michael Bay. Setelah itu, Will dikenal sebagai salah satu aktor pencetak box office lewat filmnya Independence Day (1996) dan Men in Black (1997).

Hingga kini, Will telah membintangi 51 film. Kini Smith lebih dikenal sebagai aktor dan produser dibanding sebagai musisi.

Mary J. Blige

Mary J Blige yang dijuluki sebagai “Queen of Hip-Hop Soul" ini adalah musisi berbakat yang telah mengoleksi 9 Grammy Awards, 4 piala dari AMA, dan 10 penghargaan musik Billboard. Kariernya sebagai aktris dimulai pada 2001 saat berakting di film Prison Song. Aktingnya di film Mudboune (2017) mendapat nominasi piala Oscar dan Golden Globe sebagai aktor pendukung terbaik.

Mary sendiri telah tampil di 10 film layar lebar. Dua film terakhirnya yakni Repect dan Mary J Blige’s My Life yang tayang 2021 lalu. Mary juga sering tampil beberapa serial televisi sejak 1992 sebagai bintang tamu maupun sebegai pemeran utama seperti serial The Umbrella Academy (2109), Lost Ollie dan Power Book II: Ghost yang tayang sejak 2021.

Kris Kristofferson

Musisi country kelahiran Texas pada 1936 ini merupakan salah satu penyanyi yang juga jago berakting. Beberapa film laris yang ikut dibintanginya adalah trilogi Blade bersama Wesley Snipes. Dalam bidang musik Kris telah memenangi 3 Grammy Awards untuk lagu terbaik yaitu Musisi Country Terbaik untuk Kategori Duet Terbaik.

Kris memulai karier sebagai aktor pada 1971 di film The Last Movie dan aktingnya mulai mencuri perhatian saat membintangi film Western Pat Garret and Billy The Kid (1973). Hingga kini setidaknya Kris telah tampil di 89 film layar lebar. 

Kris juga tampil di sejumlah serial televisi sejak 1979 di serial Freedom Road dan terakhir Texas Rising yang tayang pada 2015 lalu. Selain film dan televisi, ia juga terlibat mengisi suara dalam video game Gun (2005) dan Fallout: New Vegas (2010).

(Bersambung)

Berita Lainnya