Alasan Kenapa Harga Photocard Idol Korea Bisa Mencapai Jutaan Rupiah!

Gapapa demi nge-stan aku rela!

Photocard Taeyong (SMENTERTAINMENT.COM)
Sun, 03 Jul 2022

Buat Kawula Muda pecinta musik K-Pop pasti familiar dengan yang namanya photocard. Apalagi kalau bukan foto dari anggota grup K-Pop yang dicetak dengan kertas tebal seukuran kartu. 

Umumnya, Kawula Muda bisa mendapatkan photocard lewat merchandise atau hadiah dalam album grup K-Pop. Namun ada juga yang dicetak secara tidak resmi atau yang biasa disebut unofficial photocard, nih. Kira-kira alasan apa yang membuat harga photocard bisa bervariasi?

Photocard Langka

Photocard Winter Aespa (TWITTER/AmericaCamacho_)

 

Photocard terbilang langka kalau Kawula Muda hanya bisa mendapatkannya melalui suatu event yang diundi secara online, nih

Event yang diundi tentunya terbagi lagi menjadi event yang bisa diikuti semua orang dan event yang hanya bisa diikuti untuk pemilik membership dari idol K-Pop tertentu. 

Tidak cuma itu, photocard langka juga bisa diperoleh melalui acara fanmeet, music show, atau bahkan dari konser melalui vending machine. Harga photocard bisa menjadi mahal bila photocard hanya dicetak dalam jumlah tertentu.

Banyak yang Cari

Photocard season's greeting Red Velvet (SMTOWNANDSTORE)

 

Hal lain penentu harga photocard berupa permintaan dari penggemar K-Pop, nih. Jika photocard terbilang paling sering dicari, harga photocard dapat melambung tinggi. 

Biasanya photocard yang paling banyak dicari berasal dari album idol K-Pop. Apalagi bila grup yang mengeluarkan photocard memiliki jumlah anggota yang banyak, dengan perbandingan setiap melakukan comeback mereka hanya memberikan dua photocard di tiap album. Penggemar akan mulai mencari photocard lainnya sehingga harganya bisa terbilang mahal.

Sudah Tidak Dicetak Lagi

Kalau faktor yang ini pasti Kawula Muda sudah bisa menebak. Album yang sudah tidak dicetak lagi membuat penggemar kesulitan untuk mendapatkan photocard yang mereka inginkan. Sehingga para penggemar memutuskan mencari photocard lewat market lain. Seperti agensi SM Entertainment yang memilih tidak mencetak lagi bila album sudah dicetak beberapa kali.

Berasal dari Merchandise dan Rilis di Saat Tertentu

BTS Summer Package (TWITTER/buytheseoul_ph)

 

Photocard yang berasal dari merchandise dan dirilis pada saat tertentu memiliki nilai jual yang tinggi, loh. Seperti pada awal tahun, biasanya para idol K-Pop akan merilis photocard untuk merayakan season greetings

Kemudian pada musim panas dan dingin mereka akan mengeluarkan summer dan winter package. Ada juga yang bernama memories yang rilis di akhir tahun, yaitu berupa kompilasi perjalanan idol dari awal sampai penutupan akhir tahun. 

Nah, beberapa alasan di atas yang membuat harga photocard bisa mencapai ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan rupiah. Terkadang beberapa penggemar juga memanfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan bisnis, loh. 

Kawula Muda suka koleksi photocard juga?

Berita Lainnya