Bosscha Angkat Suara Terkait Gedung Serupa yang Ada di 'Pengabdi Setan 2: Communion'

Jokan justru mempertanyakan sikap Bosscha yang merasa terganggu karena adanya adegan pocong di bangunan tersebut.

Gedung Bosscha (Shutterstock)
Wed, 17 Aug 2022

Film Pengabdi Setan 2: Communion masih jadi perbincangan publik. Belakangan Observatorium Bosscha yang menjadi salah satu latar dalam film melayangkan sebuah protes. Pihak Bosscha memprotes lantaran dalam salah satu adegan Pengabdi Setan 2 menampilkan sebuah bangunan mirip Observatorium Bosscha yang menjadi tempat pemujaan iblis.

Menurut mereka, adegan tersebut memberikan kesan seram kepada Bosscha yang seharusnya menjadi tempat observasi astronomi.

Menanggapi hal itu, Joko Anwar selaku sutradara menegaskan bahwa dirinya maupun pemain dalam film menyebutkan bahwa lokasi dalam film adalah Bosscha.

“Kita tidak pernah bilang itu Bosscha, enggak pernah kita bilang itu Bosscha atau bukan,” kata Joko Anwar ketika ditemui saat melakukan tur di Yogyakarta dalam rangka melakukan promosi Pengabdi Setan 2: Communion, Sabtu (13/8/2022).

Terlepas adegan dalam film menggambarkan lokasi Bosscha atau bukan, Joko Anwar justru mempertanyakan sikap Bosscha yang merasa terganggu karena adanya adegan pocong di bangunan tersebut.

Pasalnya, Observatorium Bosscha adalah salah satu pusat perkembangan sains di Indonesia, terutama di bidang astronomi. Maka ketersinggungan terhadap adegan pocong dalam film justru terasa kurang saintis menurut Joko. 

“Masa sih mereka terganggu dengan adegan pocong di film horor yang sama sekali tidak saintifik. Kan seharusnya tidak tersinggung atau terganggu dengan itu,” lanjutnya.

Joko Anwar seorang sutradara film Indonesia. (WARTA EKONOMI)

Beberapa hari yang lalu, pihak Bosscha melalui media sosial Instagramnya di @bosschaobservatory, menyampaikan keberatannya mengenai salah satu adegan dalam film 'Pengabdi Setan 2: Communion' yang menampilkan sebuah bangunan mirip dengan Bosscha.

Lebih lanjut, Bosscha juga menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam proyek film horor manapun, termasuk Pengabdi Setan 2.

“Observatorium Bosscha sama sekali tidak terlibat dalam produksi film bernuansa horor yang tengah beredar,” tulis akun tersebut pada Kamis (11/8/2022).

Pihak Bosscha bahkan menyesalkan kemunculan gedung mirip Bosscha dalam film yang dirasa bisa merusak citra Bosscha.

“Kami amat menyesalkan pemunculan gambar yang dengan segera orang kenali sebagai ikon Observatorium Bosscha yang memberi kesan tidak benar tentang Observatorium Bosscha,” lanjutnya.

Berita Lainnya