Cerita Seru Gordon Ramsey Masak Rendang di Padang

Hi Kawula Muda, baru-baru ini Chef Gordon Ramsay belajar masak rendang langsung dari Padang!

Koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay. (INSTAGRAM/Gordon Ramsay)
Thu, 28 May 2020

Pada awal 2020, koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay, sempat singgah ke Indonesia. Chef yang populer di berbagai negara lewat MasterChef dan Hell's Kitchen itu mengunjungi Sumatra Barat dalam rangka syuting program televisi Gordon Ramsay: Uncharted.

Tak hanya belajar memasak rendang, Ramsay juga belajar memasak berbagai kuliner khas Sumatera Barat, serta mempelajari berbagai kebudayaan lokal.

Yang menarik, pakar kuliner Indonesia, William Wongso, didapuk menjadi mentor Gordon Ramsay untuk mempelajari budaya dan kuliner Sumatera Barat, terutama masakan rendang.

Proses syuting sudah dilakukan pada Januari 2020 di Bukittinggi dan beberapa daerah lain di Sumatera Barat.

Tidak ada publikasi besar-besaran mengenai kedatangan Ramsay. Kegiatan koki selebriti itu hanya diketahui dari unggahan-unggahan warga lokal yang bertemu dengannya. Ada juga bocoran berupa foto gua Ngalau Simarasok yang diunggah Ramsay di akun Instagramnya.


Eksplor kuliner Ranah Minang

Selama syuting di Ranah Minang, chef yang terkenal galak saat menjadi juri lomba masak itu juga belajar memancing udang di gua, mencicipi durian, sampai belajar mengulek bumbu di cobek saat ke pasar tradisional.

Pria kelahiran 8 November 1966 itu juga belajar memasak bika, camilan khas Minangkabau yang terbuat dari kelapa dan dimasak dalam pot tanah liat di atas kayu manis.


William Wongso juga membagikan foto Gordon Ramsay sedang mengulek bumbu di akun Instagramnya. Alhasil, banyak warganet yang kagum sekaligus penasaran ingin melihat bagaimana Gordon Ramsay mengulek.

Ramsay juga sempat merasakan tradisi makan bersama khas masyarakat Minangkabau, yang disebut bajamba. Namun, yang menjadi momen paling ditunggu adalah saat Ramsay belajar memasak rendang.

Bahkan, William Wongso menantang Gordon Ramsay untuk memasak rendang daging sapi. Kabarnya, Gubernur Sumatera Barat didaulat menjadi juri yang bakal mencicipi dan menilai hidangan rendang dari kedua koki kondang tersebut.

Aksi Ramsay dalam memasak salah satu makanan terlezat di dunia itu dapat disaksikan pada 29 Juni 2020 dalam program Gordon Ramsay: Uncharted di National Geographic Channel.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya