Daftar Lagu yang Mudah untuk Belajar Gitar bagi Pemula

Coba spill pengalaman lo pas pertama kali coba main gitar dong, Kawula Muda!

Ilustrasi seseorang yang belajar bermain gitar (UNSPLASH/JEFFERSON SANTOS)
Sat, 20 Aug 2022

Belajar memainkan gitar bukanlah hal yang mudah. Selain harus menghafal chord dengan baik, seorang pemain gitar juga harus dapat memindahkan jari dengan cepat agar suara tidak sumbang. 

Selain itu, cara strumming gitar juga menjadi tantangan tersendiri untuk pemula. Alih-alih nyaman dinyanyikan, teknik strum yang salah dapat membuat nada yang dihasilkan menjadi tidak enak didengar. 

Karena itu, berikut beberapa lagu rekomendasi untuk dimainkan oleh para pemula pemain gitar. Semoga dengan terbiasa, lo bisa semakin jago bermain gitar ya, Kawula Muda!

via GIPHY


“Mean” - Taylor Swift

Chord: C, G, Am, F

Terdapat banyak versi dari cara bermain gitar dari lagu ini. Namun, kombinasi chord yang terus menerus diulangi tentu dapat membuat Kawula Muda mudah mempelajarinya.

“Celengan Rindu” - Fiersa Besari

Chord: C, Am, G, C, F, dan A#C

Memiliki tempo yang cukup lambat, lagu ini mudah diikuti karena cara strumming yang sederhana. Dikarenakan merupakan salah satu lagu populer, lo bisa mempelajari lagu ini dari berbagai media sosial, loh Kawula Muda!

“Count on Me” - Bruno Mars

Chord: C, Em, Am, G, F, Dm

Walau memiliki beat yang cepat, lagu ini memiliki cara strumming yang beragam. Salah satunya pun dapat dibuat dengan simple sehingga mudah diikuti oleh pemula. Selain itu, chord yang mudah juga semakin membuat lagu ini mudah dimainkan. 

“Treat You Better” - Shawn Mendes

Chord: Am, G, F, C

Memiliki tempo yang medium, lagu ini memiliki cara strumming yang sederhana. Dengan di’genjereng’ sebanyak tiga kali per chordnya, lagu ini juga dapat dimainkan oleh pemula.

“Dia” - Anji Manji

Chord: G, C, Em, D

Memiliki tempo yang lambat, lagu ini mudah untuk dimainkan dengan gitar. Selain itu, pola chord yang berulang tentu semakin memudahkan pemain gitar baru.



Berita Lainnya