Demi Jaga Kesehatan Mental, Tom Holland dan Para Artis Ini Pilih Pamit dari Medsos

Hai Kawula Muda, kesehatan tetap nomor satu ya.

Aktor Inggris, Tom Holland. (INSTAGRAM/TOM HOLLAND)
Mon, 15 Aug 2022


Baru-baru ini pemeran utama Spiderman: No Way Home, Tom Holland, mengumumkan dirinya pamit dari media sosial.

Hal tersebut disampaikan Tom Holland melalui sebuah unggahan video di instagram pribadinya. Selain pamit, Holland juga mempromosikan organisasi amal yang mendukung kesehatan mental untuk semua orang.

"Halo dan selamat tinggal. Saya telah memutuskan rehat dari media sosial untuk kesehatan mental saya, tetapi merasa terdorong untuk berbicara tentang @stem4org," tulis Tom Holland, Minggu (14/8/2022).

Dilansir dari laman CBR, video berisi penjelasan keputusan Tom Holland undur diri dari media sosial tersebut berdurasi sekitar tiga menit.

“Saya terjebak dan (merasa) spiral ketika membaca hal-hal tentang saya secara online. Pada akhirnya itu sangat merugikan kondisi mental saya,” katanya di unggahan pada 14 Agustus 2022 tersebut.

“Ada stigma mengerikan terhadap kesehatan mental dan saya tahu bahwa meminta bantuan dan mencari bantuan bukanlah sesuatu yang harus membuat kita malu, tetapi itu adalah sesuatu yang jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan,” ujarnya lagi.

Rehat yang Tom Holland lakukan bukan cuma sekadar berhenti memainkan media sosial. Pria 26 tahun itu juga menghapus aplikasi Instagram dan Twitter dari ponsel pintar miliknya.

Keputusan Tom Holland tersebut banyak menuai apresiasi, sebab dia dinilai sudah berani mengutamakan kesehatan mentalnya dan memberikan pelajaran hidup yang penting.

Bahkan Justin Bieber pun memberi komentar dengan menulis “Love you man” sebagai dukungan dari langkah yang Tom Holland ambil.

Artis Indonesia yang sempat rehat dari medsos

Tidak hanya Tom Holland, beberapa artis Indonesia pun sempat pamit rehat dari medsos untuk beberapa waktu.

Di antaranya, Deddy Corbuzier pada Juni 2022 lalu, kemudian ada Aurel Hermansyah pada 2020, Eva Celia pada 2017, Ariel Tatum pada 2017, Sarah Sechan pada 2017, dan Mulan Jameela pada 2016.

Dengan beragam alasan, para artis Indonesia tersebut mengumumkan rehat sejenak dari medsos. Meskipun kini mereka telah kembali beraktivitas di medsos, fenomena pengunduran diri para artis dari medsos sepertinya bisa menjadi catatan buat kita untuk lebih bijak juga dalam menggunakan medsos.

Setuju kan Kawula Muda?

Berita Lainnya