Deretan TikTok Challenges yang Viral di Korea Selatan

Kawula Muda, TikTok juga mengambil alih Korea Selatan dengan beragam challenges.

Ilustrasi membuat konten TikTok. (PEXELS)
Thu, 17 Feb 2022

TikTok saat ini memang telah menjadi salah satu media sosial yang menjadi tren. Enggak cuma di Indonesia, tren TikTok dengan challenges atau tantangan yang dibuat oleh para pengguna dari seluruh dunia juga menjadi viral di negara Korea Selatan.

Aplikasi ini tumbuh semakin besar terutama saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah dan bersenang-senang, salah satunya dengan mengikuti tren TikTok challenges.

Di Korea Selatan, cukup banyak TikTok challenges yang dibuat, bahkan enggak sedikit idol K-Pop ikutan untuk bikin tantangan sendiri. Tapi, enggak semuanya bisa menjadi populer dan viral.

Berikut adalah deretan TikTok challenges yang sempat 'meledak' dan viral di Korea Selatan seperti yang dikutip dari Allkpop:

1. Any Song Challenge

Kalau tantangan yang satu ini mungkin sudah enggak asing lagi buat para pengguna TikTok. Meskipun ini bukan tantangan TikTok 'resmi' pertama, tapi ini menjadi titik awal nama TikTok dikenal oleh orang Korea. Any Song merupakan lagu yang dibawakan oleh Zico dan dirilis pada 13 Januari 2020.

Saat itu, Zico memanfaatkan aplikasi TikTok untuk mempromosikan lagunya dengan mengusung konsep "dance challenge". Hasilnya tentu saja diluar dugaan. Any Song challenge langsung populer dan menjadi viral. Apalagi Zico sempat melakukan tantangan itu dengan sejumlah idol K-Pop lain seperti Hwasa dan Chungha.

Selain itu, popularitas lagu ini juga salah satu pendukung popularitas Any Song Challenge. Lagu yang easy listening ini sempat melesat ke peringkat pertama chart tahunan Melon pada 2020.

2. Making a Lover Challenge

Lagu yang dibawakan oleh grup SS501 ini sebenarnya telah dirilis lebih dari satu dekade yang lalu yaitu pada 2009. Saat itu, Making a Lover ditampilkan sebagai soundtrack drama Korea berjudul Boys Over Flowers. Lagu ini kemudian populer di TikTok setelah ada dance challenge dengan koreografi yang mudah diikuti. Sejumlah idol K-Pop sempat ikut Making a Lover Challenge ini salah satunya adalah Sunoo dari ENYHPEN.


3. NUNUNANA Challenge

Kalau Zico dengan Any Song Challenge berhasil meramaikan tren TikTok di 2020, maka Jessi berhasil mengambil alih mahkota untuk paruh kedua tahun itu. Jessi merilis NUNUNANA pada musim panas 2020 dan TikTok membuatnya semakin populer. Jessi bahkan sempat mengunggah sepuluh versi berbeda dari tantangan ini dan lagu NUNUNANA langsung terkenal tak lama setelah itu.

Pada saat perilisan awal, lagu NUNUNANA tidak dapat mencapai puncak tangga lagu, tetapi karena semakin diekspos, lagu itu pun menjadi populer. Bahkan penyanyi dangdut Ayu TingTing sempat mengikuti NUNUNANA Challenge dan direspons langsung oleh Jessi dengan mengunggah videonya ke Instagram.

4. Megan Trainor "Title" Challange

Banyak orang hanya mengingat All About That Bass dari album ini, tapi tidak demikian dengan orang Korea Selatan. Di TikTok dan Reels, banyak orang mulai membuat koreografi yang mudah dari lagu yang menarik ini, dan itu berhasil. Walaupun tantangan ini banyak diikuti oleh pengguna TikTok di berbagai negara, di Korea Selatan Megan Trainor "Title" Challange benar-benar meledak di Korea Selatan.


5. #WANNABEITZY Challenge

Salah satu lagu ikonik dari ITZY yang berjudul Wanna Be juga sempat menjadi populer di dunia TikTok. Hal ini bermula dari tarian bahu Ryujin yang terkenal dan menjadi tren di TikTok. 

6. Permission to Dance Challenge

Kalau tantangan yang satu ini enggak cuma jadi tren di Korea Selatan saja, tapi di seluruh dunia. Dance challenge yang dibawakan oleh BTS ini enggak hanya mudah diikuti tapi mereka juga menggunakan bahasa isyarat di dalam tariannya sehingga membuatnya semakin bermakna.

Lagu ini juga berisi harapan terutama di tengah situasi pandemi yang tidak menentu. Melakukan Permission to Dance Challenge menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dan membawa harapan untuk banyak warga dunia.

7. Here We Go Challenge

Walaupun tantangan yang satu ini enggak berhubungan dengan K-Pop, tetapi di TikTok dan Reels Here We Go Challenge menjadi viral. Tantangan ini berisi orang-orang berpesta dengan menggunakan lagu Here We Go sebagai latar belakang musiknya. Satu orang akan memulai bergoyang dan yang lain akan memberikan respons.

Tantangan ini sangat cocok dilakukan di rumah saat pandemi melanda. Ikutan tantangan ini enggak cuma buat bersenang-senang dengan teman-teman tetapi juga untuk melepaskan stres.



Berita Lainnya