Dokumenter 'Our Father', Kisah Kejahatan Seorang Dokter yang Hamili Banyak Pasien

Praktik kesuburan berujung pelecehan seksual

Our Father (Dok. Netflix)
Thu, 12 May 2022

Film 'Our Father' belakangan menjadi perbincangan lantaran menayangkan sebuah kisah kejahatan seksual yang cukup mencengangkan. Lebih lanjut, film ini diangkat dari kisah nyata.

Film ini menceritakan aksi bejat seorang dokter kesuburan di Indianapolis, yang kemudian menjadi ayah dari 90 lebih anak tanpa diketahui siapa pun.

Awalnya Cline membuka tempat praktik kesuburan di Indianapolis pada tahun 1979. Pada praktik itulah Cline melancarkan aksinya dengan cara membohongi pasien dengan mengatakan sperma yang diambil adalah atas pilihan pasien sendiri.

Padahal sperma yang diambil untuk praktik kesuburan itu berasal dari sperma Cline sendiri. Kejahatan ini berlangsung kurang lebih satu dekade.

Keith Boyle sebagai Donald Cline di film dokumenter Netflix "Our Father" (Dok. Netflix)

Hingga pada suatu hari, seorang anak bernama Jacob Ballard mencari tau tentang latar belakang keluarganya lantaran ia menyadari dirinya adalah bayi donor.

Setelah tes DNA Jacob terkejut mengetahui bahwa ia memiliki tujuh saudara tiri. Ini sesuatu yang janggal karena seharusnya bank sperma dengan sampel yang sama hanya boleh digunakan maksimal tiga kali.

Mengetahui itu akhirnya kasus ini ditelusuri lebih lanjut, hingga sampai pada kesimpulan bahwa DNA tersebut berasal dari Dr. Donald Cline.

Pada akhirnya Cline mengakui kesalahannya karena telah melakukan proses inseminasi pada pasiennya tanpa persetujuan.

Yang lebih mengejutkan lagi, pada saat film ini selesai diproduksi, setidaknya ada 90 lebih anak yang teridentifikasi merupakan anak Cline.

Sayangnya, Cline hanya didakwa karena berbohong kepada kantor jaksa agung tentang penggunaan spermanya pada pasien. Dia kehilangan lisensi medisnya (setelah dia pensiun), membayar denda 500 dolar AS yang terbilang sedikit, dan hanya menjalani satu tahun masa percobaan.

Buat Kawula Muda yang mau tahu detail cerita dari Donald Cline, film 'Our Father' sudah bisa ditonton di Netflix ya!


Berita Lainnya