Gal Gadot Terlibat dalam Screening Film Perang Israel-Palestina

Tapi Gal Gadotnya enggak dateng

Image Caption
Tue, 28 Nov 2023

Film dokumenter Bearing Witness yang menceritakan cuplikan serangan Hamas ke Israel menjadi perbincangan usai mencuat kabar bahwa Gal Gadot terlibat dalam screening film berdurasi 47 menit tersebut pada 8 November 2023 lalu.

Dalam screening film ini, Gal Gadot berperan untuk mengundang bintang-bintang Hollywood datang ke acara penayangan film, tetapi dilaporkan bahwa banyak kursi yang sudah disediakan untuk tamu undangan yang kosong.

Dikutip dari Hollywood Reporter, tamu undangan yang hadir menonton film dari Israel Defense Forces (IDF) kebanyakan merupakan pendukung Israel. 

Gal Gadot sendiri yang diketahui sudah aktif menyuarakan dukungan terhadap Israel, bahkan ketika lebih dari 10 ribu warga Gaza tewas akibat serangan dari Israel, aktris tersebut tidak terlihat berada saat penayangan film Bearing Witness. Kehadirannya hanya diwakili oleh sang suami, Jaron Varsano.

Berikut adalah fakta-fakta dari penayangan film Bearing Witness yang melibatkan sosok Gal Gadot.

1. Screening Film garapan IDF Ini Digagas oleh Gal Gadot

Gal Gadot sebagai aktris kelahiran Israel dan pernah aktif dalam IDF mengagas penayangan film Bearing Witness bersama Jaron Varsano dan Guy Nattiv selaku sutradara. Film ini didanai oleh IDF selaku pasukan pertahanan Israel.

2. Film Sadis yang Dikumpulkan dari Rekaman Bodycam

Dalam laporan New York Post, Israel merilis rekaman bodycam pada serangan yang mereka akui terjadi pada 7 Oktober 2023 lalu. Rekaman dalam film dokumenter ini termasuk juga laporan dari jurnalis dan anggota dewan Israel.

3. Lokasi Pemutaran Film Bocor

Pemutaran film yang tidak dibuka untuk umum ini bocor. Sejumlah pemberitaan sempat mengabarkan detail tanggal dan tempat pemutaran film tersebut di Museum of Tolerance, West LA sehingga banyak ancaman yang didapatkan pihak museum sebelum film ditayangkan.

4. Dihadiri Hanya Sekitar 200 Orang Penonton

Disampaikan bahwa ada sekitar 200 orang yang hadir menonton acara screening film Bearing Witness. Seluruh penonton yang hadir harus menyerahkan ponsel dan menandatangani surat perjanjian bahwa mereka tidak akan merekam apa pun yang mereka lihat dan dengar di dalam lokasi screening film.

5. Penonton Diam sampai Ada yang Keluar di Tengah Film Berlangsung

Berdasarkan pemberitaan, ada penonton yang menangis dan meninggalkan teater di tengah-tengah film karena tak tahan dengan footage film tersebut. Namun, ada pula yang disebut bertahan hingga film selesai.

Setelah film pemutaran berakhir, sebagian besar penonton disebut keluar dari teater tanpa bersuara sama sekali.

Kini, Israel dan Palestina sedang melakukan gencatan senjata selama empat hari terhitung dari 24 November 2023 dan diperpanjang selama dua hari ke depan. 

Perpanjangan gencatan senjata disepakati lantaran kedua belah pihak setuju membebaskan lebih banyak tahanan dan sandera dari masing-masing pihak.

Berita Lainnya