TikTok Shop Dikabarkan akan Comeback Merger dengan Tokopedia?

Lah Tokopedia malah kerja sama ke Instagram?

Ilustrasi TikTok Shop (farzand01/Shuttersock)
Mon, 27 Nov 2023

Kabar TikTok Shop akan comeback kembali bergulir setelah dilarang oleh pemerintah berdiri sebagai aplikasi social commerce. Kini, TikTok Shop dikabarkan berencana membuka kembali layanan dagang online melalui kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Kabar dari Bloomberg (23/11/2023) melaporkan bahwa Tokopedia dan TikTok akan ‘patungan’ membuka kembali TikTok Shop atau aplikasi sejenisnya, rencana merger akan diumumkan dalam waktu yang dekat. Meski begitu, kedua pihak belum memberikan komentar terkait isu merger tersebut. 

Namun, Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, Kemenkop UKM, Temmy Satya Permana saat ditemui media mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari TikTok langsung, rencana pembukaan TikTok Shop tersebut benar adanya.

"Sebetulnya mereka sudah proses tapi karena memang tak ada peralihan transisi di regulasi itu, mereka enggak sanggup dalam waktu 1 minggu memenuhi regulasi. Terutama, memisahkan social commerce dengan sosial medianya," ujar Temmy.

Maka rencana pembukaan layanan dagang online ini akan dilakukan pihak TikTok dengan bergabung ke salah satu perusahaan e-commerce yang beroperasi di Indonesia.

Selain Tokopedia, Blibli dan Bukalapak juga menjadi sasaran TikTok melakukan merger agar bisa kembali membuka TikTok Shop.

Hal ini pun disampaikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

"Sejumlah perusahaan e-commerce di Indonesia telah berdiskusi dengan TikTok," ujarnya.

Sedangkan pihak GoTo belum lama mengumumkan bekerja sama dengan META melalui Instagram untuk sebuah proyek live streaming.

"Ada pilot dengan Meta, Instagram, untuk melakukan live streaming. Jadi bisa melakukan siaran langsung di aplikasi Tokopedia dan di Instagram live," kata Patrick Waluyo selaku Direktur Utama GoTo, dikutip dari CNBC, Senin (27/11/2023). 

Berita Lainnya