Genset dan Lighting Panggung Meledak, Fiersa Besari Stop Manggung

Kawula Muda, semoga insiden ini tidak terulang lagi, ya!

Ilustrasi genset meledak ketika Fiersa Besari tengah tampil di atas panggung
Wed, 01 Feb 2023


Tengah ramai dibicarakan, solois Fiersa Besari terpaksa harus menghentikan penampilannya di YLO Festival, SKA Co-Ex Kota Pekanbaru, Minggu (29/01/2023) setelah terjadi sebuah insiden. Genset dan lampu di panggung diketahui meledak ketika Fiersa sedang tampil.

Kabar ini terekam dalam sebuah cuplikan video yang diunggah oleh Fiersa di Twitter. Dalam video tersebut, terdengar jelas suara ledakan saat Fiersa dan pengiring masih memainkan musik. Dari akun tersebut, Fiersa mengaku baru kali ini dia mengalami insiden genset meledak.

Dalam unggahan tersebut juga terlihat saat Fiersa Besari tengah tampil, tiba-tiba saja terdengar letusan dari sisi kanan panggung dibarengi kepulan asap tebal.

Tidak hanya itu, lighting bagian atas panggung juga terlihat asap mengepul. Sontak penonton yang ada di lokasi berhamburan menjauh dari lokasi genset yang meledak.

“Seumur-umur manggung, baru sekarang lighting dan genset meledak (dengar suara seperti petasan yang disusul dengan asap hitam),” tulis Fiersa mengutip laman resmi Twitternya.

Dalam video di unggahan lainnya, Fiersa melampirkan sebuah rekaman milik salah seorang penggemar dari sudut yang berbeda yang memperlihatkan momen saat asap kebakaran mulai mengepul.

Pada mulanya, Fiersa dan pengiringnya tidak menyadari bahwa asap tersebut adalah imbas genset meledak yang menjalar ke lampu panggung. Mereka mengira, asap tersebut adalah confetti yang diledakkan sebagai pemeriah panggung. 

Fiersa yang masih belum menyadari hal tersebut tetap melanjutkan penampilannya hingga lampu-lampu yang tepat berada di atasnya ikut mengeluarkan asap yang cukup banyak.

“Ini video yang lebih jelas. Awalnya, kebanyakan dari kami mengira itu suara confetti atau kembang api. Setelah sadar, langsung berdesakan keluar. Semoga kawan-kawan tidak kenapa-kenapa, ya,” lanjut Fiersa sambil menyematkan beberapa video tambahan dari sudut yang berbeda.

Ketika penonton mulai menyadari asap mengepul dan berlarian panik, Fiersa dan para pengiringnya di panggung mulai menunjukkan raut kebingungan hingga menyadari bahwa ledakan telah terjadi, terlihat Fiersa menyadari sumber asap yang juga ada di atasnya.

Akibat insiden tersebut, konser terpaksa harus dihentikan. Fiersa dan para penonton segera dievakuasi dan harus segera meninggalkan lokasi acara demi terhindar dari dampak susulan. Fiersa pun meminta maaf kepada seluruh penggemar karena tak bisa menuntaskan menghibur masyarakat di Pekanbaru.

“Terpaksa dihentikan dan kami diungsikan. Semoga kawan-kawan semua enggak kenapa-kenapa, ya. Maaf, enggak bisa sampai beres. Pekanbaru tetap berkesan,” tulis Fiersa.

Melansir Detik, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan menyebut tak ada korban dalam insiden tersebut. Sebab dari laporan hanya genset yang meledak.

"Sejauh ini tidak ada korban. Laporan ada genset saja meledak dan teknisnya tentu dari panitia penyelenggara," kata Andrie.

Di sisi lain, Kompen Entertainment selaku pihak penyelenggara YLO Festival belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden genset meledak tersebut.

Berita Lainnya