George Clooney dan Istri Sumbang Rp 1,4 Miliar untuk Beirut

Hai Kawula Muda, George Clooney dan istri, Amal, mendonasikan Rp 1,4 miliar untuk pemulihan Beirut pasca ledakan.

Pasangan Hollywood, George Clooney dan Istri, Alma. (INSTAGRAM/GEROGR CLOONEY)
Tue, 11 Aug 2020

George Clooney dan sang istri, Amal, dilaporkan mendonasikan 100 ribu dolar AS atau setara Rp 1,4 miliar untuk membantu pemulihan kota Beirut, Libanon , pasca ledakan besar, Selasa (4/8/2020).

George Clooney dan sang istri, Alma, dilaporkan mendonasikan 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar untuk membantu pemulihan kota Beirut, Libanon, pasca ledakan besar, Selasa (4/8/2020).

DIlansir dari ET, George dan Amal Clooney membagikan uang donasi tersebut ke tiga lembaga amal.

Amal lahir di Beirut, tetapi kemudian keluarganya pindah ke Inggris saat ia berusia dua tahun.

“Kami berdua sangat peduli terhadap masyarakat Beirut dan bencana yang mereka alami dalam beberapa hari terakhir,” ujar George Clooney dan Amal dalam pernyataan mereka.

Kementrian Kesehatan Libanon menyebutkan, ledakan yang tejadi mengakibatkan  lebih dari 135 orang meninggal dunia dan 5 ribu orang terluka.

Bencana ini kian memperparah Beirut yang tengah berada di masa sangat sulit, karena mengalami krisis ekonomi yang memburuk akibat pandemi Covid-19.

Menurut keduanya, tiga lembaga amal yang mereka pilih tersebut akan menyediakan kebutuhan pokok. Mereka adalah Palang Merah Libanon, Impact Lebanon, dan Baytna Baytak.

“Kami akan mendonasikan kepada tiga lembaga ini 100 ribu dolar dan berharap yang lain juga bisa ikut membantu apa yang bisa mereka lakukan,” lanjut mereka.

Ledakan yang terjadi di Beirut diduga dipicu oleh kebakaran di gudang pelabuhan yang menyimpan 2.750 ton senyawa amonium nitrat. Senyawa kimia itu memiliki daya ledak tinggi dan kerap dipakai untuk bahan baku pembuatan pupuk dan peledak.

Gubernur Beirut Marwan Abboud menyatakan jumlah kerugian akibat ledakan ditaksir mencapai Rp 217,5 triliun. Dilaporkan, sebanyak 300.000 penduduk Beirut kehilangan tempat tinggal akibat rusak terkena dampak ledakan.

Penduduk Beirut yang marah lantas menggelar unjuk rasa di pusat kota Beirut, dan sempat terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di jalan menuju kompleks Gedung pemerintahan.

Para pengunjuk rasa melempari polisi dengan batu, membakar ban, dan mencemooh para elite politik. Polisi memukul mundur dan membubarkan para demonstran dengan menggunakan gas air mata.

Beberapa bulan lalu, George Clooney juga diketahui menyumbang sebanyak lebih dari 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,6 miliar untuk upaya pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Mereka mendonasikan dana tersebut ke enam lembaga yang mengurus berbagai bidang pemulihan yang berbeda, di antaranya untuk pekerja film dan televisi, para aktor, dan penduduk Los Angeles yang terdampak pandemi.

Berita Lainnya