‘Indiskop Festival 2021’ Kembali Hadir Sebagai Wadah Generasi Baru Pelaku Film di Era Digital

Kawula Muda, siapa nih yang cinta dunia perfilman banget?

Indiskop Festival 2021. (INSTAGRAM/INDISKOP)
Thu, 19 Aug 2021

Kawula Muda, sudah tahu Indiskop belum? Indiskop adalah sebuah ruang putar film layar lebar (bioskop) yang telah didirikan tahun 2019 lalu sebagai sarana hiburan, edukasi, hingga pusat kuliner merakyat.

Indiskop sendiri ditemukan oleh seorang aktris bernama Marcella Zalianty yang telah memerankan sejumlah film, bahkan pernah menyandang sebagai aktris terbaik FFI.

Dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan RI serta upaya Indiskop tetap produktif di masa pandemi, Indiskop mengadakan Indiskop Festival 2021, sebuah program tahunan yang telah diadakan sejak tahun lalu.

Festival yang dilakukan secara daring ini mengusung tema "Filmku, Perjuanganku!" di mana format dari aktivitasnya adalah hybrid dengan optimisasi channel online dan digital, yang digabungkan dengan kegiatan on ground secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Melihat pandemi ini telah berdampak pada sektor ekonomi, pendidikan, dan hiburan, Marcella tak mau hal itu menjadi penghalang setiap insan untuk tetap optimis terutama dalam industri kreatif.

“Menyebarkan optimisme dalam bentuk program kreatif diharapkan dapat  menjadi salah satu medium literasi dan penyemangat masyarakat Indonesia dalam situasi pandemi Covid-19," ungkap Marcella. 

Founder Indiskop, Marcella Zalianty. (INSTAGRAM/MARCELLA.ZALIANTY)


Indiskop Festival (IndisFest) 2021 ini merupakan sebuah program edutainment yang akan diproduksi dan distribusikan secara online melalui website www.indiskop.id serta aplikasi Indiskop, mulai bulan Agustus hingga Oktober 2021 mendatang.

Tentunya, Marcella berharap bahwa program ini bisa menghidupkan kembali dunia perfilman melalui pendidikan (workshop, training, seminar), kerja sama (kemitraan), dan kompetisi meskipun dilaksanakan secara daring.

IndisFest juga telah bekerja sama dengan New York Film Academy (NYFA) untuk mengadakan berbagai program seperti INDISCLASS untuk kelas dan workshop seperti acting, producing, directing, scriptwriting, music scoring, literasi digital, hingga intelektual properti.

Tak ketinggalan dengan INDIS SHORT FILM COMPETITION yang akan menyeleksi film pendek tentang perjuangan atau orang-orang di sekitar mereka yang inspiratif.

Selanjutnya, ada juga INDISSCREENING yang akan memutar film pemenang kompetisi yang merupakan hasil kurasi secara online melalui platform digital Indiskop.

Terakhir, Indiskop Festival 2021 juga akan dimeriahkan dengan acara INDISAWARD, sebagai bentuk apresiasi terhadap filmmaker muda.

Berita Lainnya