Jadi Bahan Lelucon, Apa Itu Penyakit Alopecia yang Tengah Diidap Jada Pinkett Smith?

Hai Kawula Muda, gak elok ya kondisi penyakit seseorang dijadiin bahan lelucon.

Jada Pinkett Smith, Istri Will Smith, yang tengah menderita alopecia. (INSTAGRAM/JADA SMITH)
Wed, 30 Mar 2022


Baru-baru ini aktor Hollywood Will Smith membuat kejutan di malam perhetalan Oscar 2022. Smith bukan hanya menerima penghargaan sebagai aktor terbaik tahun ini, tapi juga menampar presenter Chris Rock.

Smith begitu emosi, karena sang presenter yang juga seorang comedian itu membuat lelucon terkait kepala botak istrinya, Jada Pinkett Smith. Di mana diketahui, Jada tengah mengidap alopecia atau penyakit kebotakan rambut karena autoimun.

Dikutip dari SehatQ, alopecia adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh kelainan autoimun. Saat mengidap penyakit alopecia, penderita biasanya hanya mengalami masalah kerontokan rambut di beberapa bagian saja, tidak secara keseluruhan.

Hal tersebut membuat rambut penderitanya mengalami kebotakan di sejumlah tempat. Terkadang, rambut akan tumbuh kembali, sebelum akhirnya rontok lagi.

Ilustrasi rambut rontok. (FREEPIK)

 

Kelainan imun tubuh

Penyakit Alopecia disebabkan kelainan pada imun tubuh. Saat mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh penderita yang diserang.

Pada kasus alopecia areata, folikel rambut yang diserang sehingga menyebabkan kerontokan. Dan rupanya itu yang tengah dialami oleh Jada Smith.

Sampai sekarang, belum diketahui secara pasti apa yang jadi penyebab gangguan autoimun pada penderita penyakit alopecia.

Namun akan lebih berisiko menderita penyakit ini apabila mengidap kondisi-kondisi seperti asma, vitiligo, penyakit tiroid, down syndrome, dan anemia pernisiosa

Ciri-ciri umum alopecia

Saat seseorang menderita penyakit alopecia, mengalami rambut rontok adalah gejala utamanya. Kerontokan rambut ini sering menyebabkan kebotakan di beberapa bagian kulit kepala.

Tak hanya kepala, alopecia juga dapat menyerang rambut-rambut yang ada di alis, bulu mata, hingga janggut.

Ketika mengidap penyakit ini, penderita mungkin akan mendapati rambut rontok dalam bentuk gumpalan. Meski begitu, ada beberapa masalah Kesehatan lain yang menunjukkan gejala serupa.

Berikut sejumlah gejala yang jadi ciri-ciri penyakit alopecia.

Rambut rontok lebih banyak dalam cuaca dingin

Kehilangan banyak rambut dalam waktu singkat

Kuku jari tangan dan kaki menjadi kemerahan dan rapuh

Kebotakan kecil di kulit kepala atau bagian tubuh lain yang ditumbuhi rambut

Merasakan kesemutan, gatal, atau sensasi terbakar pada kulit sebelum rambut rontok.

Untuk membantu mengatasi penyakit alopecia, sejumlah perawatan yang biasa digunakan untuk membantu mengatasinya antara lain suntikan steroid, krim steroid, minoxidil, dan imunoterapi.

Berita Lainnya