Luruskan Stigma ODGJ, Ini Cerita Kolaborasi Yayasan Prisia Nasution dengan BARDI

Kampanye tersebut juga bertujuan untuk meluruskan stigma tentang ODGJ loh!

Dokumentasi Sports Charity Program sebagai salah satu bagian kampanye “Peduli itu Tidak Diam” (Kopi Panas Foundation)
Wed, 19 Jan 2022

Aktris sekaligus publik figur, Prisia Nasution, bersama yayasan yang dibangunnya, Kopi Panas Foundation (KPF), kampanyekan gerakan sosial “Peduli itu Tidak Diam”. 

Kampanye tersebut bertujuan untuk membantu sesama manusia, terutama Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ). Menurutnya, banyak stigma yang seharusnya diluruskan tentang ODGJ. 

“Yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100% tidak benar. Banyak dari mereka yang juga bisa secara perlahan sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu yang lama dan tentunya perhatian dari kita,” tuturnya. 


Dokumentasi Sports Charity Program sebagai salah satu bagian kampanye KPF X BARDI “Peduli itu Tidak Diam” (Kopi Panas Foundation)

 

Selain itu, ia juga menghimbau untuk memberikan dukungan kepada ODGJ, baik secara materi, maupun non materi. Hal itu dikarenakan menurutnya, setiap orang dapat saja menjadi ODGJ. 

“Kita yang normal pun bisa juga mengidap ODGJ karena kita tidak mampu meredam stress dalam keseharian kita. Untuk itu perlu adanya wadah yang baik guna membantu ODGJ dan juga mencegah orang-orang supaya tidak centering mengidap ODGJ,” tambah Prisia. 

Sementara itu, kepedulian Prisia kepada ODGJ mulai tumbuh saat melihat seorang ODGJ yang berada di jalan dengan kondisi memprihatinkan pada 2016 lalu. “Hal itu terus membekas dalam memori saya dan kemudian saya terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ,” tutur eks atlet pencak silat dan penggemar olahraga bola basket tersebut. 

Dalam kampanye “Peduli itu Tidak Diam” tersebut, KPF bekolaborasi dengan BARDI Smart Home dalam lima rangkaian program. 

Sports Charity Program

Dengan didukung oleh banyak publik figur, program ini mengajak teman-teman ODGJ untuk berolahraga bola basket bersama. Beberapa public figur yang terlibar adalah Augie Fantinus, Uus, Annisa Cikal Rambu, Denny Sumargo, Asri Welas, Reza Nangin, hingga pemain timnas basket Putri Priscilla Karen. 

Happy Sharing

Program ini merupakan kunjungan ke Panti ODGJ Mitra KPF. Nantinya, sepanjnag 2022, akan berlangsung 11 kali Happy Sharing. 

Rumah Asa program

Dengan tujuan untuk meningaktan fasilitas bagi ODGJ, program ini merenovasi ataupun membangun panti ODGJ yang bekerja sama dengan Kopi Panas Foundation (KPF). 

ODGJ Berkarya

Program ini merupakan program pelatihan untuk teman-teman ODGJ. Saat ini, program tersebut khusus di bidang olahraga. 

Ngopi Bareng ODGJ

Dengan berbentuk Talkshow bersama teman-teman ODGJ, program yang baru pertama kali dilakukan tersebut akan tayang di Channel Youtube Kopi Panas Foundation. 

Berita Lainnya