Mengenal Andrea Meza, Wakil Meksiko yang Jadi Juara Miss Universe 2020

Kawula Muda, Andrea Meza berhasil kalahkan Miss Brasil dan Miss Peru di tiga besar.

Andrea Meza, Miss Universe 2020. (INSTAGRAM/MISS UNIVERSE)
Tue, 18 May 2021

Sosok Andrea Meza tengah menjadi sorotan usai dinobatkan sebagai Miss Universe 2020. Andrea yang merupakan wakil dari Meksiko berhasil mengalahkan 73 kontestan lain yang menjadi wakil dari negara dan wilayah mereka masing-masing.

Meza berhasil unggul atas Miss Brazil Julia Gama yang menjadi runner-up serta Miss Peru Janick Maceta Del Castillo yang menjadi runner-up kedua. Setelah pengumuman pemenang, mahkota langsung diberikan oleh Zozibini Tunzi selaku Miss Universe 2019.

Dengan terpilih sebagai Miss Universe 2020, Meza berhasil menjadi perempuan Meksiko ketiga yang meraih mahkota Miss Universe.

Meza berhasil unggul setelah memberikan jawaban yang memukau di hadapan juri. Jawaban perempuan berusia 26 tahun tersebut dinilai sangat menginspirasi dan mampu mengubah pemikiran banyak orang mengenai standar kecantikan sekarang ini.

“Kita hidup dalam masyarakat yang lebih dan lebih dari sekadar maju, dan seiring kita maju sebagai masyarakat, kita juga maju dengan stereotip,” ucap perempuan yang memiliki nama lengkap Alma Andrea Meza Carmona tersebut.

Andrea Meza, wakil Mexico yang menjadi Miss Universe 2020. (INSTAGRAM/ANDREA MEZAMEZA)

 

“Saat ini kecantikan bukan hanya cara kita memandang. Bagi saya, kecantikan tidak hanya terpancar dalam jiwa kita, tetapi juga dalam hati kita dan cara perilaku kita. Jangan pernah mengizinkan seseorang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak berharga,” tegas Meza mengakhiri jawabannya.

Sebelumnya, Meza juga sempat diberikan pertanyaan tentang bagaimana dia akan menangani pandemi Covid-19 jika dia adalah seorang pemimpin di negaranya. Meza pun menjawab bahwa dia akan melakukan lockdown sejak awal.

“Saya yakin tidak ada cara sempurna untuk menangani situasi sulit seperti Covid-19. Namun, saya yakin apa yang akan saya lakukan adalah melakukan lockdown bahkan sebelum semuanya menjadi lebih besar karena kami kehilangan begitu banyak nyawa dan kami tidak mampu membelinya. Kami harus menjaga orang-orang kami. Itulah mengapa saya akan menjaga mereka sejak awal,” ucap Meza.

Sejak awal pagelaran akbar ini, Meza tampil menonjol selama jalannya pertunjukan, terutama pada saat tampil dalam sesi pakaian renang, nasional kostum, gaun malam, dan sesi tanya jawab pada saat grand final.

Andrea Meza ketika menampilkan gaun malam dalam ajang Miss Universe 2020. (INSTAGRAM/ANDREA MEZA)

 

Berdasarkan informasi dari biografi yang dirilis oleh situs resmi Miss Universe, Meza adalah seorang sarjana di bidang rekayasa perangkat lunak lulusan Autonomous University of Chihuahua. Anak tertua dari tiga bersaudara tersebut juga dikenal sebagai aktivis yang fokus pada hak-hak perempuan. Ia juga bekerja sama dengan Municipal Institute for Women.

Meza juga seorang makeup artist dan model yang telah bersertifikat. Di negara asalnya, perempuan yang hobi melakukan olahraga ekstrem dan crossfit ini merupakan brand ambassador pariwisata untuk kota Chihuahua.

Sebelum melenggang di Miss Universe, Meza sempat mengikuti ajang Mexicana Universal 2020, Miss Mexico 2017, serta menjadi runner-up di Miss World 2017. Setelah menjadi pemenang Miss Universe 2020, Meza akan menetap di Amerika Serikat untuk menjalankan tugasnya sebagai Miss Universe.

Congratulations, Andrea Meza!


Berita Lainnya