Rahasia Kecantikan dari Berbagai Negara

Kawula Muda, setiap daerah ternyata memiliki rahasia kecantikan turun temurun lho.

Foto ilustrasi. (FREEPIK)
Wed, 12 Aug 2020

Cantik menawan secara alami menjadi idaman setiap perempuan dunia, termasuk kalian kan? Nah, ternyata para perempuan di berbagai belahan dunia punya rahasia kecantikan alami lho.

Mau tahu? Simak faktanya berikut ini yaa.

India

Sebagai negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya, salah satu rahasia kecantikan yang sering dipakai oleh para wanita India sejak zaman dahulu adalah kunyit.

Di India, kunyit merupakan lambang kesucian tubuh dan jiwa. Kunyit dipercaya dapat meratakan warna kulit yang belang, memiliki pigmentasi, mengatasi kulit kusam, dan bintik hitam di wajah.

Kunyit juga dipercaya dapat membunuh bakteri sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi, atau dioleskan pada bagian kulit tubuh.


Kunyit dipercaya dapat meratakan warna kulit yang belang. (FREEPIK)

 

Untuk mendapatkan khasiat kunyit, kalian hanya perlu mencampur sedikit bubuk kunyit ke dalam jus mentimun, melon, atau perasan air jeruk, kemudian oleskan pada kulit muka.

Setelah 15 menit, bilas wajah kalian. Untuk mendapatkan kulit yang elastis, kalian bisa mencampur kunyit dengan sedikit krim susu.

Hingga kini, ritual kecantikan dengan menggunakan kunyit masih digunakan oleh para calon pengantin dalam upacara Haldi. Dalam upacara tersebut, tubuh calon pengantin digosok menggunakan kunyit, agar kulit terlihat lebih kencang.

Selain kunyit, perempuan India juga menggunakan air mawar, minyak cendana, dan safron yaitu rempah-rempah khusus dari India yang banyak tumbuh di lembah Khasmir.

Jepang

Di Jepang, minyak camelia dipercaya dapat melembabkan serta menutrisi kulit dengan maksimal, karena banyak mengandung antioksidan.

Dengan mencuci wajah menggunakan air yang dicampur dua tetes minyak bunga camelia, maka kulit akan menjadi lembut dan cerah.

Untuk rambut indahnya, para perempuan Jepang  menggunakan rumput laut, yang banyak mengandung yodium dan mineral.


Foto ilustrasi. (FREEPIK)

 

Afrika Barat

Para perempuan di Afrika barat banyak memanfaatkan shea butter, yang terbuat dari jenis kacang-kacangan yang dihasilkan dari pohon shea.

Shea butter dapat digunakan untuk melindungi kulit dari angin dan matahari, melembabkan kulit kering, serta menyembuhkan berbagai masalah kulit, luka ringan, dan luka bakar.

Kacang shea yang telah dipanen, kemudian dihancurkan dan direbus. Setelah menjadi seperti mentega atau shea butter, barulah dibalurkan ke kulit.


Shea butter, terbuat dari jenis kacang-kacangan yang dihasilkan dari pohon shea. (FREEPIK)

 

Maroko

Perempuan Maroko biasanya memakai argan oil sebagai salah satu tips kecantikan mereka. Argan oil merupakan minyak yang berasal dari biji pohon argan yang banyak tumbuh di Maroko.

Argan oil banyak mengandung vitamin E, antioksidan, asam lemak, sehingga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Mengoleskan argan oil ke kulit dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, menjaga kelembaban, anti aging, serta mengurangi minyak berlebih pada jenis kulit yang cenderung berminyak.


Foto ilustrasi. (FREEPIK)

 

Tahiti

Selama ribuan tahun, para perempuan Tahiti telah menggunakan bahan-bahan yang tumbuh subur di negara mereka untuk merawat kesehatan kulit.

Salah satunya adalah dengan menggunakan monoi oil, yang merupakan gabungan minyak kelapa dengan bunga khas negara Tahiti, yaitu tiare atau Tahitian Gardenia.

Untuk membuat monoi oil diperlukan bunga tiare yang telah direndam dalam minyak kelapa selama kurang lebih 15 hari.

Minyak monoi oil bermanfaat untuk menyehatkan rambut, melembabkan kulit, serta untuk menangkal infeksi.

Berita Lainnya