NCT Luncurkan Aplikasi AI NCT HOME, Fans Malah Merasa Takut

Katanya, aplikasi ini adalah aplikasi manupulasi.

Aplikasi interaktif NCT HOME, buat NCTzen merasa takut (TANGKAPAN LAYAR)
Tue, 21 Mar 2023

SM Entertainment memperdalam gagasan tentang artificial intelligence (AI) atau kecerdasan pribadi tentang idol mereka seperti girl group aespa. Kali ini, giliran NCT yang membuka NCT Home di mana, fans bisa berinteraksi 'langsung' dengan member lewat poster layar sentuh yang interaktif. Namun, caranya kali ini justru menuai kritikan sampai rasa takut dari fans dan warganet lain.

Dilansir dari laman Kpopchart, Selasa (21/03/2023), NCT HOME adalah aplikasi berbayar dengan harga Rp 229.000 yang dirilis oleh UXstory baru-baru ini. Aplikasi ini terbagi di tiap masing-masing member dengan harga yang sama.

Dalam deskripsi, aplikasi tersebut mengajak fans untuk berinteraksi dengan NCT lewat 'sentuhan' yang diinginkan.

Aplikasi interaktif NCT HOME, buat NCTzen merasa takut (TANGKAPAN LAYAR)

Saat fans menggunakan jari mereka di aplikasi, anggota NCT akan berkedip, tersenyum dan menggerakkan kepalanya seolah dia benar-benar nyata.

Sayangnya, hadirnya aplikasi interaktif ini bukan membuat fans senang, malah membuat fans NCT merasakan kecemasan dan membuat mereka takut.

"Aplikasi NCT Home ini buat aku takut... ini adalah bentuk dari idola yang tidak manusiawi yang aku takutkan—"

Dalam laman Koreaboo, NCTzen atau sebutan dari fans NCT, tidak mendukung adanya terobosan baru yang diusung oleh SM Entertainment itu. Bahkan, mereka menyebut teknologi itu menyeramkan karena cara mereka dapat dimanipulasi.

"Aplikasi NCT sangatlah aneh. Mereka manusia bukan mainan untuk kamu mainkan. Aku harap SM tidak mendorong perilaku fans dengan aneh seperti ini. Budaya K-pop perlu diubah dalam pengertian itu," tulis pengguna Twitter lain.

NCTzen menganggap, fitur ini lebih seram daripada sebuah poster yang biasa terpajang. Akan tetapi, aplikasi ini membuat fans bisa mengontrol idol sesuai yang mereka inginkan.

Beberapa NCTzen telah membagikan pemberitahuan bahwa mereka tidak akan mendukung aplikasi tersebut karena tidak manusiawi bagi para artis.

Fans khawatir hal ini dapat mendorong beberapa penggemar lain untuk merasa seolah-olah idol tersebut hanyalah produk untuk dimanipulasi daripada artis dengan perasaan mereka sendiri.

Hmm.. Kawula Muda juga setuju juga enggak sama komentar-komentar di atas?

Berita Lainnya