Peneliti Sebut Nonton SpongeBob SquarePants Bisa jadi Pintar

Katanya, banyak kosakata di animasi ini yang berpengaruh baik buat anak.

Serial kartun SpongeBob SquarePants (IMDB)
Fri, 03 Feb 2023


Siapa yang suka nonton SpongeBob SquarePants, nih? Buat lo penggemar serial kartun ini katanya bisa bikin anak pintar! Kok bisa ya, Kawula Muda?

Melansir dari Comic Book, Jumat (03/02/2023), kelompok peneliti Business Name Generator (BNG) mengumpulkan data untuk meriset tontonan apa saja yang edukatif bagi anak, baik yang penonton sadari atau tidak.

Dilihat dari berbagai serial kartun dari era 1990 sampai modern, BNG mengumpulkan audiens yang berusia 14 tahun ke bawah.

Mereka mengurutkan sejumlah serial TV berdasarkan kosakata unik per 1000 kata yang diucapkan oleh tokoh setiap serial. Data tersebut mengungkapkan, SpongeBob SquarePants keluar sebagai tontonan anak paling edukatif karena memiliki 213 kosakata unik per 1000 kata. 

Hal tersebut mengartikan, bahwa audiens berusia 14 tahun ke bawah bisa memiliki kosakata yang lebih luas jika menonton SpongeBob.

Serial kartun SpongeBob SquarePants (IMDB)

Menurut penelitian, karakter dan alur cerita SpongeBob SquarePants membuat narasi yang hidup dengan penggunaan kata yang beragam dan pilihan yang bagus untuk anak-anak.

Selain itu, riset ini menemukan 5 acara serial kartun yang rilis pada era 1990-an. Tontonan anak yang rilis pada era 1990-an cenderung lebih edukatif dibandingkan serial yang baru rilis.

Lima besar acara lainnya dalam penelitian ini adalah The Dragon Prince dari Netflix dengan 204 kata unik per 1000 dan Gudetama: An Eggcellent Adventure dengan 192 kata per 1000.

Diikuti oleh serial drama klasik tahun 90-an sampai 2000-an, 7th Heaven, dengan 189 kata unik per 1000. Setengah dari 10 acara pertunjukan teratas dianimasikan sementara empat di antaranya dimulai pada 1990-an.

Apa lo setuju sama studi penelitian SpongeBob SquarePants bisa jadi pintar, Kawula Muda?

Berita Lainnya