Pinot, Manfaatkan Perangkat Jadul Jadi Animasi Taraf Dunia

Keren banget ya!

Pinot Wahyu Ichwandardi, seorang seniman animasi asal Indonesia (INSTAGRAM/Pinot)
Mon, 07 Mar 2022

Namanya Pinot Wahyu Ichwandardi. Sebagai seniman animasi, salah satu ciri khasnya adalah membuat karya dengan perangkat jaman dulu (jadul).

Misalnya saja kolaborasi Pinot dengan grup band Twenty One Pilots pada 2021 lalu. Seniman animasi asal Indonesia tersebut dipercaya untuk menggarap video musik lirik bertajuk 'Level of Concerns'.


Pada video tersebut, Pinot membuat animasi pixel yang seolah sedang ditampilkan dalam komputer jadul. Beberapa adegan menunjukan Tyler Joseph yang sedang bernyanyi hingga Josh Dun dengan dua stik drumnya. Selain itu ada pula beberapa objek yang dianimasikan dengan ciri khas pixel seperti rumah, kotak pos, hingga dua pasangan yang tengah ‘memajang’ bintang. 

Dikutip dari Kompas, animasi ‘ala jadul’ tersebut memang dibuat dengan perangkat jadul Macintosh SE/30 yang dirilis Apple pada 1991.

Dua personil Twenty One Pilots pun turut mengakui kreativitas Pinots. "Pinot benar-benar hebat, kami melihat karya seninya. Untuk kamu yang tidak tahu, lagu kami (lirik MV) 'Level of Concerns' dibuat oleh seniman terkenal dari Indonesia, talentanya sangat luar biasa," ujar Josh saat konferensi pers daring dikutip dari Kompas pada Jumat (04/03/2022). 

Selain menggarap video musik lirik, Pinot juga diketahui pernah membuat remake trailer 'Star Wars - The Last Jedi' versi monokrom pixel pada 2017 lalu. Karyanya tersebut diunggah lewat akun media sosial pribadinya. 

Pada video remake tersebut, terlihat sosok Rey Skywalker yang terengah-engah. Kemudian, ada pula Kylo Ren dengan penuh dendam mengayunkan lightsaber-nya. Trailer tersebut pun ditutup dengan tulisan ‘Star Wars’ berupa pixel berwarna hijau. 

“Dulu kepikiran ingin iseng bikin remake trailer A New Hope menggunakan komputer saat itu,” tulis Pinot dikutip dari CNNIndonesia pada Jumat (04/03/2022). Namun, ia mengaku harapan tersebut tidak terwujud karena masih mood-moodan. 

Sementara itu, Pinot mengakui butuh waktu sekitar tiga minggu untuk merampungkan remake trailer yang berdurasi 1 menit 55 detik tersebut.
Sama seperti sebelumnya, Pinot turut menggunakan perangkat jadul untuk merampungkan karyanya. Namun, kali ini perangkat yang ia gunakan adalah Apple IIc keluaran 1984 yang dibelinya dan diperbaikinya agar dapat kembali beroperasi dengan maksimal.

Nama Pinot juga hadir dalam acara tambahan dari serial Netflix, 'Strager Things'. Ia menjadi desain grafis pixel untuk acara 'Beyond Stranger Things'. Acara ini menghadirkan pada pemain 'Stranger Things' dan membahas beberapa pertanyaan yang tak terjawab dalam film.


Keren banget ya, Kawula Muda! 

Berita Lainnya