Lagu Yura Yunita jadi Sound Terfavorit Reels Instagram Gen Z

Lo biasanya pake lagu apa, Kawula Muda?

Ilustrasi aplikasi Instagram. (FREEPIK)
Thu, 08 Dec 2022


Media sosial Instagram baru saja merilis tren-tren yang menjadi favorit Gen Z sepanjang tahun 2022. Adapun survei tersebut dilakukan oleh Meta dengan Ipsos di Asia Pasifik. 

Survei tersebut dilakukan kepada 2.000 gen Z dari seluruh Indonesia dan menunjukkan bahwa 73 persen gen Z menyukai fitur Reels. Hal itu dikarenakan fitur tersebut dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan orang lain. 

Ilustrasi Instagram Reels. (PIXABAY)

 

Generasi Z memang memiliki kekuatan yang besar dalam industri digital. Diketahui, 41 persen populasi dunia saat ini adalah generasi Z sehingga dapat menciptakan tren dan kultur populer. 

“Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakteristik unik yang membedakan mereka dengan generasi sebelumnya,” tutur Director Creator Partnership Southeast Asia Meta, Revie Sylviana, pada Selasa (06/12/2022) mengutip Liputan6. 

Di Indonesia, lagu lokal rupanya paling banyak digunakan oleh generasi ini untuk disematkan kepada Reels mereka. Lagu “Dunia Tipu Tipu” oleh Yura Yunita berada di posisi teratas dan diikuti oleh “Ojo Dibandingke” oleh Farel Prayoga.


Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh “Hati-Hati di Jalan” oleh Tulus, “Full Senyum Sayang” oleh Evan Loss, dan “Mama Mantu” oleh Bulan Sutena. 

Tarian lokal “Mendung Tanpo Udan” juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan gerakan yang mudah diikuti dan musik bahasa Jawa yang enak didengar. 

Di sisi lain, stiker “Add Yours” juga banyak digunakan oleh generasi ini. Biasanya, stiker “Add Yours” yang digunakan bertajuk ‘dump’, seperti August Dump hingga July Dump. 

Berdasarkan hasil analisis, tren yang disukai oleh Gen Z merujuk pada aksi sosial. Biasanya, tujuan dari aksi sosial tersebut adalah membuat dunia menjadi lebih baik dengan mengatasi kesenjangan sosial. 

“Lima topik paling banyak diikuti Gen Z adalah lingkungan & berkelanjutan, otentik & menuju diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas, dan kesehatan mental,” lanjut Revie. 

Lo sudah upload November Dump pakai lagu "Dunia Tipu Tipu" belum, Kawula Muda?

Berita Lainnya