Riz Ahmed, Muslim Pertama yang Dapat Nominasi Best Actor di Oscar

Kawula Muda, kira-kira akan menang gak ya

Aktor Inggris, Riz Ahmed. (INSTAGRAM/RIZ AHMED)
Fri, 19 Mar 2021

Aktor sekaligus musisi asal Inggris, Riz Ahmed, dinominasikan dalam kategori Best Actor pada Academy Awards (Oscar) ke-93.

Nominasi tersebut diperoleh atas peran utamanya sebagai Ruben Stone dalam film Sound of Metal. Dalam film tersebut, Ruben merupakan seorang drummer dari grup duo metal yang mendadak kehilangan pendengaran.

Aktor keturunan Pakistan-Inggris itu bersaing dengan empat aktor lain yaitu Steven Yeun untuk film Minari, mendiang Chadwick Boseman untuk Ma Rainey’s Black Bottom, Anthony Hopkins untuk The Father, dan Gary Oldman untuk Mank.

Nominasi tersebut menorehkan sejarah baru, di mana Riz menjadi muslim pertama yang mendapat nominasi Oscar sebagai aktor utama terbaik. Dia juga menjadi keturunan Pakistan pertama yang dinominasikan dalam kategori akting.

Sebelum Riz, ada Mahershala Ali yang menjadi aktor muslim pertama yang memenangi Oscar, namun bukan sebagai aktor utama, melainkan aktor pendukung. Aktor asal Amerika itu menang Oscar dua kali sebagai Best Supporting Actor untuk film Moonlight (2017) dan Green Book (2019).

Fakta menarik lainnya tentang Riz Ahmed adalah bahwa dia mempersiapkan perannya untuk film Sound of Metal dengan belajar bermain drum dan bahasa isyarat Amerika (American Sign Language) selama kurun waktu satu tahun.

Selain Oscar, Riz Ahmed sebelumnya juga dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam penghargaan Golden Globe, SAG Award, Spirit Award dan BAFTA untuk film tersebut.

Pada 2017, Ahmed memenangi penghargaan Emmy sebagai aktor utama terbaik untuk kategori limited series  or movie untuk film The Night Of.

Bukan hanya seorang aktor, Riz juga adalah rapper profesional. Salah satu karyanya adalah single berjudul Post 9/11 yang cukup kontroversial.

Dia pernah bergabung bersama rapper Amerika keturunan India, Himanshu Kumar Suri alias Heems, dengan membentuk grup hip hop bernama Swet Shop Boys. Grup tersebut telah merils EP “Swet Shop” pada 2014 dan album studio “Cahsmere” pada 2016.

Riz dilahirkan dan dibesarkan di Wembley, London. Namun, orang tuanya yang berasal dari Karachi, Pakistan.

Pria berusia 38 tahun itu merupakan lulusan PPE (ilmu filsafat politik, dan ekonomi) dari Chist Church, University of Oxford. Namun, ia mengembangkan kemampuan aktingnya di Central School of Speech and Drama.

Berita Lainnya