Terbaik! Hari Pertama Konser Virtual BTS “MAP OF THE SOUL ON:E” Tuai Pujian

Kawula Muda, walaupun digelar secara virtual pertunjukan serasa dihadiri oleh ARMY.

BTS gelar konser virtual bertajuk "MAP OF THE SOUL ON:E" pada 10 dan 11 Oktober 2020. (TWITTER / BTS UPDATES)
Sun, 11 Oct 2020

Terbaik! Mungkin ini kata yang tepat untuk menggambarkan konser hari pertama MAP OF THE SOUL ON:E yang digelar oleh superstar K-Pop, BTS, pada Sabtu (10/10/2020).

Konser yang rencananya digelar selama dua hari tersebut menjadi salah satu pengobat rindu para penggemar BTS, ARMY.

Seharusnya para penggemar ini dapat menyaksikan secara langsung idola mereka lewat tur konser dunia BTS yang rencananya digelar April 2020. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, seluruh konser BTS harus dibatalkan.

Sebagai gantinya, Big Hit Entertainment menggelar pertunjukan secara virtual, yang diawali dengan konser virtual Bang Bang Con: The Live pada Juni 2020.

Tak disangka, konser virtual ini sukses menyedot 756,000 penonton dari seluruh dunia. Bahkan, berkat konser virtual ini, BTS berhasil menjadi nomine di ajang MTV Europe Music Awards (EMA) 2020.

Melansir dari The Korea Herald, Big Hit Entertainment mengungkapkan bahwa konser MAP OF THE SOUL ON:E  menelan biaya delapan kali lebih besar daripada konser Bang Bang Con: The Live.

Selama 120 menit pertunjukan konser MAP OF THE SOUL ON:E, penonton tidak hanya disuguhkan penampilan memukau dari ketujuh member BTS, tetapi juga teknologi canggih seperti augmented reality dan extended reality.

Tatanan panggung untuk konser virtual BTS "MAP OF THE SOUL ON:E". (TWITTER / BTS OFFICIAL)

 

Konser MAP OF THE SOUL ON:E dimulai pada pukul 19.00 KST atau pukul 17.00 WIB. Jungkook, Jimin, RM, Jin, Suga, J-Hope, dan V membuka pertunjukan dengan membawakan lagu dari album “Map of the Soul: 7” yang bertajuk ON.

Pertunjukan spektakuler tersebut semakin terlihat grande dengan hadirnya marching band dan penari latar yang mengiringi penampilan BTS.

Multi-screen mode

Dengan mode multi-layar pada siaran langsung tersebut, para penonton dapat melihat keseluruhan pertunjukkan melalui enam sudut kamera yang berbeda. Penonton juga dapat memperbesar tampilan dari member favorit mereka, ataupun menikmati keseluruhan panggung dari bird’s eye view.

Di satu sisi jendela, terdapat layar untuk chatting dan fitur yang memungkinkan penggemar untuk memasang light stick ARMY, mengubah warna light stick, dan mengguncangnya.

Penampilan solo para member, Jimin jadi trending

Konser online BTS kali ini menyajikan penampilan solo dari para member. RM dengan lagu Persona, Suga dengan Shadow, dan J-Hope dengan Ego, Jin dengan Moon, Jimin menyanyikan lagu Filter, V dengan Inner Child, dan Jungkook membawakan lagu My Time.

Tentu saja penampilan mereka kali ini disajikan berbeda, karena menggunakan teknologi visual yang memanjakan mata.

Penampilan Jimin saat membawakan lagu Filter menjadi trending Twiitter. Jimin tak hanya sajikan vokalitas suara dan skill dance yang mumpuni, tapi juga aksi panggung memukau dengan mengganti baju di atas panggung dalam hitungan detik.

Persiapan member BTS untuk konser virtual "MAP OF THE SOUL ON:E". (TWITTER/BTS OFFICIAL)

 

Penampilan lagu Butterfly buat BTS terharu

Salah satu penampilan yang cukup mengharukan adalah pada saat ketujuh member berada di atas panggung dengan latar belakang layar yang memperlihatkan gambar para penggemar dari seluruh dunia untuk menyanyikan lagu Butterfly.

Para member tampak terkejut melihat para penggemar yang saat itu menonton konser secara langsung. Mereka terlihat terharu ketika melihat wajah para penggemar yang tampak bersemangat melambaikan light stick bom ARMY.

Para member juga terlihat mendekati layar untuk melihat lebih jelas emoji dan tulisan tangan yang diperlihatkan oleh para penggemar.

Klimaks dengan penampilan We Are Bulletproof: The Eternal

Di bagian akhir pertunjukan, ketujuh member BTS mempersembahkan lagu We Are Bulletproof: The Eternal untuk ARMY. Member BTS bernyanyi di panggung yang diterangi cahaya ungu dengan lampu mengambang dan kubus yang mencerminkan wajah ARMY.

Ucapan RM sebelum lagu membuat penampilan terakhir itu semakin mengharukan.

“Kita benar-benar kuat. ARMY yang saya kenal dan BTS yang kalian semua tahu, kita semua kuat. Kita akan menemukan jalan. Jika tidak ada cara, mari menggambar peta. Jangan khawatir, kita akan kembali kuat, kita masih terhubung,” ujar RM.

Tak terasa konser berakhir setelah ketujuh member BTS membawakan 24 lagu dalam dua jam pertunjukan. Konser ini pun langsung menuai pujian dari berbagai kalangan tak hanya penggemar BTS.

Konser BTS MAP OF THE SOUL ON:E sesi kedua akan digelar pada hari ini, Minggu (11/10/2020) pukul 16.00 KST atau pukul 14.00 WIB.

Berita Lainnya