Tidak Ada Pengecualian, BTS Tetap Harus Jalani Wamil!

Kawula Muda, miliki segudang prestasi di kancah musik internasional tak membuat BTS lolos dari wajib militer.

BTS, grup K-Pop nomor wahid di Korea Selatan. (TWITTER/BTS)
Fri, 09 Oct 2020

Sebuah pernyataan resmi belum lama ini dirilis oleh Military Manpower Administration (MMA) Korea Selatan. Mereka menyatakan bahwa BTS tidak akan dibebaskan dari dinas wajib militer.

Sebelum pernyataan resmi dirilis, warga Korea termasuk para penggemar BTS banyak memberikan komentar tentang wajib militer yang harus dijalani oleh para member.

Mereka menganggap bahwa BTS telah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan K-Pop. Tak hanya itu, BTS juga telah memberikan kontribusi positif secara ekonomi dan budaya bagi Korea Selatan.

Namun, pada 9 Oktober 2020, Military Manpower Administration secara resmi mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendukung pembebasan wajib militer untuk BTS.

Padahal sebelumnya, MMA telah memberikan pengecualian terhadap beberapa atlet Olimpiade serta musisi klasik untuk tidak menjalani wajib militer. Tetapi, tampaknya mereka enggan untuk memberikan pengecualian kepada selebritas.

Salah satu member BTS, Jin. (INSTAGRAM/JIN BTS OFFICIAL)

 

 Walaupun begitu, para member BTS masih memenuhi syarat untuk mengajukan penangguhan pendaftaran wajib militer.

Menurut Undang-Undang yang berlaku saat ini, semua warga negara harus mengajukan permohonan jika ingin menunda wamil.

Jika BTS tidak mengajukan penangguhan, maka Jin sebagai member tertua di BTS harus menjalani wajib militer untuk 2 tahun ke depan.

Berita Lainnya