Terlibat Skandal dan Dipuja Berlebihan, Vicki Zhao Dihilangkan Pemerintah China dari Internet

Kawula Muda, siapa yang pernah nonton Shaolin Soccer?

Vicki Zhao. (Dok. 8DAYS)
Thu, 02 Sep 2021

Kawula Muda, aktris asal China, Vicky Zhao atau Zhao Wei, baru-baru ini dihilangkan pemerintah China di dunia maya. Tak tanggung-tanggung, film-film yang pernah membintangi Zhao juga tak bisa diakses hingga saat ini.

Langkah ini tentunya mirip dengan peristiwa Jack Ma yang sempat dinyatakan hilang sesaat setelah dirinya mengkritik sistem keuangan pemerintah serta popularitasnya yang sudah berlebihan.

Pasalnya, ada beberapa alasan mengapa pemerintah China begitu bersikeras menghapus jejak Zhao di internet.

Perempuan yang kini berusia 45 tahun itu tak hanya berprofesi sebagai artis, melainkan juga mendalami berbagai bisnis. Melansir detikInet, ia pernah digugat atas masalah investasi, termasuk kepemilikan saham perusahaan Jack Ma, Alibaba Pictures Group.

Tak berhenti sampai situ, pada tahun 2001 lalu, Zhao juga diduga menggunakan pakaian seperti bendera Jepang. Rupanya, banyak warga China yang masih sakit hati dengan penjajahan yang dilakukan Jepang pada tahun 1937 lalu.

Vicky Zhao juga diketahui memiliki agensi yang menaungi aktor China bernama Zheng Zhehan. Zheng Zhehan diketahui telah disensor dari internet sejak dirinya berswafoto di depan pemakaman tentara Jepang. 

Negara Tirai Bambu itu tidak suka jika adanya budaya pemujaan berlebihan akan seseorang. Tak hanya itu, Zhao juga beberapa kali terlibat dalam skandal. China menganggap bahwa Zhao tak lagi sesuai dengan karakter China

Ini bukan kali pertama pemerintah China menangani hal serupa. Pada tahun 2018 lalu saja, beberapa selebriti diketahui telah ditindak karena dinilai tidak bermoral, vulgar, dan tidak berkelas. 

Siapa, nih, yang kangen melihat Vicky Zhao di My Fair Princess, Kawula Muda?

Berita Lainnya