15 Rekomendasi Lomba Unik untuk Menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Lomba-lomba ini bisa kalian sebagai ide untuk lomba 17 Aguastusan tahun ini loh!

Lomba balap karung (Prambors/Ipan Fanani)
Fri, 04 Aug 2023

17 Agustus adalah hari di mana seluruh masyarakat Indonesia merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. 

Masyarakat akan memasang bendera merah putih di depan rumahnya untuk menunjukkan rasa hormat, rasa bangga dan menjunjung tinggi negara. Masyarakat selalu antusias dalam menyambut perayaan HUT RI tersebut. 

Di setiap daerah biasanya selalu mengadakan acara perayaan seperti berbagai macam lomba. Lomba-lomba yang dilakukan pun unik-unik dan berkembang setiap tahunnya. 

Ada banyak kegiatan lomba untuk merayakan HUT RI ke-78 tahun ini. Berikut adalah rekomendasi 15 lomba unik yang bisa dilakukan untuk merayakan HUT RI ke-78 di tahun 2023.

1. Lomba Melepas Karet dari Wajah

Lomba yang pertama ini akan mengundang gelak tawa. Meskipun lomba ini sederhana tetapi mimik wajah peserta menjadi lucu dan mengundang tawa para penonton. Peserta diminta berupaya melepaskan karet yang melingkar di wajahnya tanpa bantuan tangan dan orang lain.

2. Lomba Estafet Air Dalam Wadah

Lomba yang kedua ini adalah merupakan lomba yang dilakukan secara beregu atau kelompok. Setiap regu diminta memindahkan air dari satu wadah secara estafet dengan duduk berjajar. Lucunya sering kali air tumpah di atas kepala para anggota tim yang membuat mereka menjadi basah dan air yang dikumpulkan pun hanya tersisa sedikit.

3. Lomba Estafet Tepung Dalam Wadah

Lomba ketiga ini permainannya hampir sama seperti lomba estafet air dalam wadah, yang membedakan hanya isi dari wadah tersebut berisi tepung. Hal menarik dan lucunya adalah karena pesertanya seluruh tubuh pesertanya berlumuran tepung.

4. Lomba Balap Karung Dengan Menggunakan Helm

Lomba selanjutnya adalah lomba balap karung dengan menggunakan helm di atas kepala. Lomba ini sudah ada sejak dulu, dan dari dulu hingga kini lomba ini tetap ada bahkan sudah seperti menjadi lomba wajib setiap 17 Agustus. Lomba ini tidak hanya untuk dewasa tetapi juga bisa untuk anak-anak dan lucunya walaupun anak-anak harus tetap memakai helm orang dewasa. Hal ini akan membuat mereka akan merasa berat dan kesulitan sampai ke garis finis. 

5. Lomba Makan Biskuit Dari Dahi Hingga Turun Ke Mulut

Lomba selanjutnya adalah lomba makan biskuit, lomba ini sempat viral karena cara bermainnya. Dengan meletakkan biskuit di dahi peserta, lalu peserta harus berusaha untuk menurunkan biskuit ke mulut tanpa bantuan apapun. Mereka hanya dapat berusaha dengan senam wajah seperti lomba melepas karet dari wajah.

6. Lomba Menahan Tawa

Lomba yang satu ini cukup digemari dan ditunggu oleh warga. Biasanya permainan ini dimainkan oleh anak kecil karna lebih susah menahan tawa dan membuat mereka kesulitan.

7. Lomba Tebak Benda Dalam Kotak

Lomba yang satu ini meminta para peserta untuk menebak barang atau benda di dalam kotak dengan cara meraba barang yang ada di dalam kotak, yang tentunya tidak bisa terlihat dari luar kotak. Mereka harus menebak dengan benar isi dalam kotak tersebut, jika berhasil biasanya mereka akan mendapatkan point. Dan yang mendapatkan point terbanyak akan memenangkan lomba ini. 

8. Lomba Makan Kerupuk

Lomba ini sudah menjadi lomba yang legendaris dan cocok untuk semua usia. Lomba ini menjadi salah satu lomba yang ditunggu-tunggu karna para peserta mengincar kerupuk yang disediakan untuk perlombaan. Lomba 17 Agustus ini menguji kecepatan dalam makan kerupuk tanpa menggunakan tangan. 

Hal yang membuat lomba ini menjadi lucu adalah terkadang banyak keluarga atau teman peserta yang melakukan improvisasi, seperti lomba makan kerupuk sambil disuapi nasi padang.

9. Lomba Tebak Kata

Lomba selanjutnya adalah bermain tebak kata yang terdiri dari dua orang peserta secara berkelompok. Cara permainannya satu orang akan menjadi penebak dan satu orang lagi akan memberikan kisi-kisi kata yang harus ditebak. 

Hal yang sering terjadi dalam lomba ini adalah sang penebak kata sering kali salah menebak dan jauh dari kisi-kisi. Kelompok yang bisa menebak kata paling banyak dalam waktu yang telah ditentukan adalah pemenangnya.

10. Lomba Ambil Koin dari Tepung Menggunakan Mulut

Selain mengambil koin dari kolam renang, biasanya lomba mengambil koin dari tepung dengan menggunakan mulut ini menuai tawa. Sebab, mulut dan wajah peserta akan kotor dengan tepung.

11. Lomba Ambil Koin dari Semangka Menggunakan Mulut

Lomba ini sama dengan lomba mengambil koin dari tepung menggunakan mulut, perbedaannya adalah lomba ini mengambil koin yang telah ditancapkan ke dalam semangka yang telah dilumuri coklat.

12. Memindahkan Belut ke dalam Botol

Belut adalah hewan yang licin sehingga sulit ditangkap. Tidak semua orang berani melakukan lomba ini. Hal lucu yang kerap terjadi adalah warga ketakutan dan terlihat geli memegang belut tersebut. Lomba ini dilakukan dengan menyiapkan sejumlah belut ke dalam satu ember. Lalu peserta harus mengambil belut sebanyak-banyaknya untuk dimasukkan ke dalam botol. 

13. Lomba Menghafal Pancasila

Lomba menghafal Pancasila ini biasanya diikuti oleh anak-anak kecil, karna tidak semua anak hafal Pancasila. Biasanya sering kali mereka berbicara terburu-buru dan membuat ucapannya berbelit-belit ini membuat warga tertawa lepas. 

14. Lomba Lari Sambil Menggendong

Lomba ini dimainkan oleh pasangan suami istri cara bermainnya sangat mudah sang suami yang harus berlari sambil menggendong istrinya. Hal yang sering terjadi adalah sang suami merasa keberatan dan terjatuh akibat tak kuat menahan beban. 

15. Lomba Merias Dengan Mata Tertutup

Lomba yang terakhir adalah merias wajah pasangan dengan mata tertutup. Hal ini membuat yang merias mengacak-acak wajah teman yang dirias. Setelah dirias peserta yang langsung melakukan fashion show. 

Ini dia beberapa ide rekomendasi lomba yang dapat kalian coba untuk merayakan dan meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023. 

Rayakan HUT RI Ke-78 sebagai salah satu bentuk mewujudkan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa kita, dapat dimulai dari diri sendiri dan dengan melakukan hal-hal kecil yang dapat membantu mewujudkan keragaman dari Bhineka Tunggal Ika. 

Berita Lainnya