24 Kota Termahal di Dunia, Jakarta Urutan Berapa?

Hai Kawula Muda, kota mana yang biaya hidupnya paling tinggi?

Kota Shanghai, China. (FREEPIK)
Mon, 20 Jun 2022


Baru-baru ini Global Wealth and Lifestyle Report 2022 memgeluarkan daftar kota termahal di dunia. Global Wealth and Lifestyle Report 2022 merupakan laporan yang dirilis oleh perusahaan perbankan swasta asal Swiss, Julius Baer.

Tahun ini Shanghai menjadi kota termahal di dunia. Di laporan yang sama pada tahun sebelumnya, Shanghai pun menduduki posisi yang sama.

Dengan demikian, kota ini telah dua kali berturut-turut mendapat predikat kota termahal di dunia, bahkan untuk masyarakat dengan penghasilan tinggi atau kaya.

Selain Shanghai, kota lain di kawasan Asia-Pasifik yang masuk dalam kota termahal adalah Taipei di urutan ketiga, dan Hong Kong di urutan keempat, sementara itu Singapura menduduki urutan kelima.

Dilansir dari CNBC International pada Kamis (16/6/2022), Shanghai berada di posisi teratas setelah mencatat kenaikan harga besar di 16 dari 30 barang mewah.

Ilustrasi orang belanja. (FREEPIK)

 

Berikut adalah 24 kota termahal di dunia, bahkan untuk orang kaya versi laporan Julius Baer:

  1. Shanghai
  2. London
  3. Taipei
  4. Hong Kong
  5. Singapura
  6. Monaco
  7. Zurich
  8. Tokyo
  9. Sydney
  10. Paris
  11. New York
  12. Sao Paulo
  13. Milan
  14. Dubai
  15. Bangkok
  16. Barcelona
  17. Frankfurt
  18. Miami
  19. Jakarta
  20. Vancouver
  21. Manila
  22. Mexico City
  23. Johannesburg
  24. Mumbai

Bagaimana dengan Jakarta?

Peringkat tahunan bank swasta Swiss itu didasarkan pada harga sekeranjang barang mewah yang mewakili pembelian diskresioner oleh orang dengan penghasilan tinggi, individu dengan aset yang dapat diinvestasikan senilai USD 1 juta atau lebih di 25 kota ternama global.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa efek abadi dari pandemi Covid-19 dikombinasikan dengan kondisi ekonomi makro yang menantang dan gangguan rantai pasokan menyebabkan kenaikan harga di sebagian besar dari 20 barang kebutuhan pokok yang diamati.

Selain itu, data yang dikumpulkan Julius Baer antara November 2021 dan April 2022 ini, menangkap beberapa tekanan ekonomi yang ditimbulkan oleh perang Ruisa-Ukraina.

Jakarta hanya naik satu peringkat dari laporan tahun sebelumnya yaitu dari urutan 20 ke urutan 19 di tahun ini. Itu artinya, harga barang-barang seperti tas branded, mobil, asuransi kesehatan, smartphone, hingga perlengkapan olahraga masih termasuk barang mewah di Jakarta.

Berita Lainnya