5 Hal yang Harus Dihindari Segera Setelah Bersepeda

Kawula Muda, buat kalian yang sudah rutin bersepeda atau yang baru mulai, perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Aktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)
Fri, 21 Aug 2020

Rasa capek dan peluh mengucur setelah bersepeda mestinya terbayar dengan manfaat optimal bagi tubuh.

Namun, usai bersepeda, seringkali pesepeda melakukan kebiasan buruk yang justru merugikan bagi tubuh.

Inilah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari segera setelah bersepeda.

1. Membiarkan pakaian basah tetap menempel di tubuh

Aktivitas bersepeda. (INSTAGRAM/UNITED BIKE)

 

Wajar jika pakaian yang dipakai bersepeda basah terkena keringat. Yang menjadi masalah adalah membiarkan pakaian basah tersebut tetap menempel di tubuh meskipun kegiatan bersepeda telah usai.

Jika berada di daerah bersuuhu dingin, mengenakan pakaian basah akan menyebabkan penurunan suhu tubuh, sedangkan pada suhu panas, akan berpengaruh buruk pada kulit.

Jadi, biasakan untuk mengeringkan tubuh dan selalu mengganti pakaian sesegera mungkin usai besepeda.

2. Tidak cukup minum

Minum air. (FREEPIK.COM)

 

Salah satu kunci sukses bersepeda adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi setelah selesai latihan.

Perlu diketahui bahwa setiap sesi bersepeda menyebabkan tubuh dehidrasi, walaupun selama latihan sudah mengonsumsi air. Tubuh harus tetap mendapat asupan air setelah kegiatan bersepeda selesai.

3. Makan berlebihan

Jungk food. (FREEPIK.COM)

 

Sesi bersepeda menjadi alasan bagi sebagian pesepeda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

Sebenarnya, untuk latihan pendek dan ringan, tidak perlu mengonsumsi makanan pemulih khusus atau menambah porsi makan. Bahkan, untuk aktivitas bersepeda sangat berat sekalipun, tidak perlu makan berlebihan.

Untuk latihan berat yang dilakukan setiap hari atau bahkan dua kali sehari, cukup tambahkan 30-90 gram karbohidrat dan 10-30 gram protein ke dalam minuman pemulih, dilanjutkan dengan diet normal setelahnya.

Sangat penting juga untuk tidak mengonsumsi junk food saat aktivitas bersepeda berat. Selain tidak bermanfaat dari segi kalori, itu juga dapat menjadi masalah pada pemeliharaan berat badan.

4. Minum alkohol

Minuman beralkohol. (FREEPIK.COM)

 

Bir sebenarnya tidak terlalu buruk jika diminum sesekali, misal dalam perayaan balapan atau perjalanan sepeda yang santai. Tetapi, jika dikonsumsi setelah sesi latihan, itu akan membuat tubuh kesulitan rehidrasi dan tidak membantu pemulihan energi.

5. Banyak duduk atau berdiam diri

Bermalas-malasan. (FREEPIK.COM)

 

Seseorang butuh istirahat setelah perjalanan berat. Namun, jika sepanjang hari hanya dihabiskan di kursi sambil menonton tv atau menyetir mobil, akan menyebabkan pegal dan lesu.

Sebaliknya, beraktivitas berat setelah bersepeda juga mengganggu proses pemulihan.

Pilihan terbaik adalah beraktivitas ringan seperti berjalan, melakukan pekerjaan rumah, atau melakukan latihan silang ringan.

Nah, untuk kamu yang mau ikutan Mendadak Sepedahan dan sudah daftar, password untuk hari ini tanggal 21 Agustus 2020 adalah "Wahai Prambors, please kasih aku sepeda United Bikenya" ya!

Buat kamu yang belum daftar, buruan daftar sekarang! Jangan lupa ya, pas ditelepon Prambors jangan bilang halo, tapi kasih tau passport yang tadi!

Berita Lainnya