5 Makanan Nusantara untuk Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Merdeka, Kawula Muda!

Ilustrasi makanan khas Indonesia. (UNSPLASH)
Thu, 17 Aug 2023

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Makanan khas Indonesia memiliki rasa yang otentik dan nikmat. Di Indonesia yang memiliki banyak budaya sendiri juga memiliki beberapa makanan khas yang disajikan pada momen-momen tertentu di tiap daerahnya.

Makanan khas ini biasanya disajikan pada saat lebaran, natal dan acara lainnya seperti perayaan hari kemerdekaan pada 17 Agustus.

Hari kemerdekaan 17 Agustus biasanya diramaikan oleh acara upacara, lomba, lalu diikuti dengan makan-makan menu khas nusantara. 

Ini dia daftar 5 makanan yang sering dihidangkan di momen perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus.

1. Nasi Kuning Tumpeng

Nasi tumpeng kuning ini dapat dimakan bersama-sama pada acara 17 Agustus karena porsinya yang banyak. 

Makna dari nasi tumpeng kuning ini adalah sebagai ucapan rasa syukur setelah mencapai sesuatu. 

Nasi kuning yang mempunyai bentuk kerucut dan menjulang tinggi seperti gunung ini disajikan bersamaan dengan berbagai macam lauk pauk di sebuah nampan besar. Lauk yang biasanya ada di dalam nampan besar tersebut adalah ayam goreng, tahu, orek tempe, perkedel, sambal goreng, telur dadar dan bihun goreng.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom (KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY)

Makanan khas Sunda yang identik dengan aroma khasnya ini diolah dengan cara diaduk. 

Bumbu yang dipakai dan bahannya adalah oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Biasanya dalam piring selain ada nasi tutug oncom, tambahan lauknya adalah ayam goreng, tempe, tahu, sambal dan sayur asem. 

3. Nasi Tumpeng Merah-Putih

Nasi Tumpeng Merah Putih (KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY)

Nasi tumpeng merah putih ini mirip dengan nasi tumpeng kuning biasanya. Perbedaannya hanya dari segi warna yang menyerupai bendera Indonesia. 

Beras yang digunakan untuk nasi berwarna merah ini adalah beras merah. Sedangkan untuk nasi berwarna putih adalah beras pada umumnya. 

4. Klepon Merah Putih 

Klepon merah putih (KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY)

Klepon merupakan jajanan kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. 

Klepon dibuat dari tepung beras ketan yang di tengahnya diisi dengan gula merah. Kue ini biasanya berwarna hijau. Khusus untuk memperingati hari kemerdekaan, maka klepon dibuat dengan warna yang menggambarkan bendera Indonesia yaitu merah dan putih.

5. Ayam Goreng Paniki

Ayam Goreng Paniki (KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY)

Ayam goreng ini adalah kuliner khas Manado. Makanan ini terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan berbagai bumbu seperti jahe, daun jeruk, santan, serai dan rempah-rempah lainnya. 

Kawula Muda hari ini masak makanan khas hari kemerdekaan dengan menu apa?

Berita Lainnya