5 Makanan Termahal di Dunia, Ada Ayam Cemani dari Indonesia

Ada yang sudah pernah kalian coba?

Ilustrasi makanan cepat saji (UNPLASH)
Thu, 03 Aug 2023

Makanan sudah menjadi kebutuhan primer setiap makhluk hidup. Setiap manusia harus mencukupi kebutuhan hidupnya dengan makan-makanan yang bernutrisi dan sehat serta makan-makanan seimbang. 

Mengonsumsi makanan tidak cukup hanya mementingkan rasa ataupun bahkan harga, tetapi juga kandungan nutrisi yang lengkap sangat amat penting, mulai dari karbohidrat, lemak, serat hingga protein. 

Biasanya, makanan yang mahal terkenal dengan kandungannya yang menyehatkan tubuh. Di samping itu, ada juga makanan yang dijual mahal karena sulit untuk ditemukan.

Berikut adalah lima makanan termahal di dunia yang perlu untuk diketahui. 

1. Kaviar Almas

Kaviar ( Thinkstok/darkbird77 )

Kaviar Almas adalah makanan termahal nomor satu di dunia. Kaviar Almas cukup populer, makanan ini mahal karena telur ikan sturgeon albino ini cukup langka dan hanya bisa diperoleh hampir setiap 100 tahun sekali. 

Hal ini yang membuat harga satu kilogram telur ikan ini setinggi langit bahkan setara dengan harga mobil, yaitu seharga 34.500 dolar AS atau setara dengan Rp 515 juta. 

2. Melon Yubari King 

Foto Melon Yubari King (Hikerbee.com/dedealer.com)

Selanjutnya, di urutan kedua adalah Melon Yubari King yang sering dijadikan hadiah mewah bagi orang Jepang. Rasa Melon Yubari King ini adalah kombinasi rasa manis sekaligus legit dan hal ini membuat siapa pun yang memakannya akan ketagihan dan ingin membelinya lagi. 

Makanan ini ada Pada 2008, Kawula Muda harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin mencoba makanan ini. Untuk membeli dua buah melon ini saja, konsumen harus mengeluarkan uang sebesar 27.229 Dolar AS (Rp 406 juta). 

3. Tuna Sirip Biru

Kiyoshi Kimura dengan ikan tuna seberat 180kg (Kompas.com/ Yana Gabriella Wijaya)

Posisi ketiga makanan termahal adalah tuna sirip biru. Makanan ini merupakan barang berharga juga bagi masyarakat Jepang. Hal ini karna salah satu makanan termahal didunia ini menduduki puncak tertinggi seafood di Jepang. 

Mengapa bisa seperti ini? Alasannya karena memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan jenis tuna pada umumnya. Rasa gurih yang dihasilkan Bluefin juga berbeda jauh lebih baik. Harga fantastis yang tidak kalah tingginya tuna sirip biru ditawarkan hampir sebesar 3.603 Dolar AS (Rp 53,8 juta) per kilogram. 

4. Ayam Cemani 

Foto Ayam Cemani (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Posisi ke empat adalah ayam berwarna hitam asal Indonesia, ayam cemani. Ayam ini pun tidak mudah didapatkan. Ayam cemani pun memiliki unsur mistis yang dipercaya berkaitan erat dengan kemampuan magis. 

Khasiat dari ayam cemani ini pun berbeda dari ayam pada umumnya. Daging ayam cemani diklaim berkhasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit dan juga dipercayai dapat membawa rezeki. Untuk menikmati salah satu makanan paling mahal di dunia ini, 

Kalian perlu merogoh kocek sebesar 2.500 Dolar AS (Rp 37,3 juta) per ekor tergantung ukurannya, semakin besar ukurannya maka harganya akan semakin mahal.

5. Saffron

Ilustrasi saffron merupakan rempah termahal di dunia yang memiliki banyak kegunaan. (iStockphoto/Vingeran)

Lalu yang ke lima atau yang terakhir adalah Saffron. Safron sering dijadikan salah satu bahan yang digunakan untuk tambahan masak-masakan timur. Saffron memiliki julukan emas merah, alasannya adalah karna Saffron nilainya jauh lebih tinggi dibandingkan emas, Harga Saffron adalah sebesar 500-2.000 Dolar AS (Rp 7,4 juta – 29,8 juta) per setengah kilo. 

Salah satu jenis rempah ini dipetik dari bagian tubuh bunga Crocus yang hanya dipanen selama beberapa minggu dalam setahun loh Kawula Muda. Lama banget ya, jadi kalau dihitung-hitung untuk memperoleh satu kilogram Saffron, petani harus memetik bunga sebanyak dua kali luas lapangan sepak bola.

Kira-kira dari daftar makanan termahal di atas, lo tertarik untuk mencoba menu apa saja, Kawula Muda?

Berita Lainnya