Google Year in Search 2022 Spill Hal Paling Banyak Dicari lewat Makanan Unik

Menurut lo mana yang paling unik, Kawula Muda?

Google berikan penghargaan kepada hal-hal yang paling banyak dicari tahun ini (PRAMBORS/HELEN)
Thu, 15 Dec 2022

Bekerja sama dengan Namaaz Dining, Google menyajikan makanan-makanan unik untuk umumkan hal yang paling banyak dicari sepanjang tahun ini. 

Berlangsung pada acara Year in Search 2022 pada Rabu (14/12/2022), terdapat sembilan kategori ‘hal yang paling banyak dicari’ yang diumumkan oleh mesin pencarian populer tersebut. 

Mengapa Bumi Bulat?

Rujak bebek untuk lambangkan pertanyaan 'mengapa bumi bulat?' (PRAMBORS/HELEN)

 

Untuk mendeskripsikan kata kunci ‘mengapa’ yang paling banyak dicari tahun ini, Google menyajikan rujak bebek. Uniknya, rujak yang berwarna biru-hijau dan diolah dalam bentuk es tersebut diletakan pada piring melengkung yang bercahaya. 

Rupanya, sajian tersebut mendeskripsikan pertanyaan ketujuh yang paling banyak dicari di Google tahun ini: Mengapa bumi bulat? 

Apa Itu Love Bombing?

Google dan Namaaz Dining sajikan lumpia gulung DIY untuk gambarkan fenomena 'love bombing' (PRAMBORS/HELEN)

 

Sajian kedua pun hadir dalam bentuk lumpia gulung DIY. Daging bulat diletakan di atas kertas edible. Uniknya, baik di dalam kertas maupun ponsel yang digunakan wadah makanan terdapat percakapan khas pasangan loh! 

Makanan tersebut pun mewakili pertanyaan "apa itu love bombing?" yang banyak dicari lewat Google tahun ini. 

Ojo Dibandingke

Tekwan interaktif untuk menemukan wajah Farel Prayoga (PRAMBORS/HELEN)

 

Untuk kategori yang satu ini, tim reporter diajak untuk bermain lewat makanan ‘Tekwan’ dan aplikasi Namaaz Dining. Di atas meja, terdapat 16 bulatan yang harus dipasangkan oleh tim reporter. 

Nantinya, terdapat satu bulatan yang tidak memiliki pasangan, Kawula Muda! Ketika dipindai lewat ponsel, rupanya bulatan tersebut menunjukkan wajah Farel Prayoga. Hal ini pun merupakan bentuk simbolis dari lirik lagu “Ojo Dibandingke” yang banyak dicari lewat Google tahun ini.

Sambal Bajak

Sambal bajak dan nasi timbel untuk lambangkan resep terpopuler di Google tahun ini (PRAMBORS/HELEN)

 

Selanjutnya, tim reporter disuguhi cobek dilengkapi dengan alat ulekannya. Di atas cobek, hanya terdapat sambal bajak dengan aroma pedas yang semerbak. 

Uniknya, cobek tersebut merupakan hasil padatan nasi timbel yang gurih, Kawula Muda! Menu tersebut pun mewakili kategori resep yang paling dicari pada 2022, yakni sambal bajak. 

KKN di Desa Penari

Lemper dan remahan kerupuk udang untuk lambangkan film terpopuler KKN Desa Penari (PRAMBORS/HELEN)

 

Untuk makanan ini, suasana mendadak menjadi horor dengan lampu yang dimatikan serta musik latar mencekam. Rupanya, kali ini Namaaz Dining menyiapkan masakan simbolis KKN di Desa Penari sebagai film yang paling banyak dicari lewat Google tahun ini!

Sebuah piring bundar lebar dengan remahan kerupuk udang yang dibentuk ala kuburan pun hadir. Para tamu dipersilakan untuk menggali kuburan tersebut untuk menikmati lemper ayam yang dibungkus seperti pocong. Unik sekali, bukan?

Bunda Corla

Sajian kari kambing sebagai makanan kesukaan Bunda Corla (JOSHUA LIE)

 

Khusus untuk kategori siapa, terdapat dua menu yang disuguhkan, yakni jengkol balado dan kari kambing. 

Kedua makanan tersebut rupanya merupakan makanan kesukaan dari sosok yang paling banyak dicari lewat Google tahun ini loh, yakni Bunda Corla. Lo juga cari tentang doi lewat Google, gak Kawula Muda?

Perubahan Iklim

Sajian makanan penutup penuh berry untuk lambangkan peristiwa nasional perubahan iklim (PRAMBORS/HELEN)

 

Pada kategori ini, makanan yang disajikan mulai beralih ke makanan penutup atau dessert. Pada awalnya, disajikan sebuah gelas penuh dengan buah-buah berry. Kemudian, tim Namaaz menuangkan beberapa tetes cairan ke dalam gelas tersebut. 

Uniknya, setelah menyentuh gelas, cairan tersebut langsung membeku dan menjadi padat, Kawula Muda! Sajian tersebut pun melambangkan perubahan iklim yang merupakan salah satu peristiwa nasional paling banyak dicari tahun ini. 

Tennis

Sajian makanan penutup serupa bola tenis untuk lambangkan tenis sebagai olahraga paling banyak dicari selama 2022 (PRAMBORS/HELEN)

 

Setelah pandemi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya olahraga. Hal itu ditandai dengan kategori pencarian terkait olahraga yang semakin meningkat di Google, Kawula Muda. 

Google pun menyajikan sebuah bola tenis besar yang kemudian disulap menjadi bola-bola tenis kecil. Yup! Tahun ini, tenis merupakan salah satu olahraga yang paling banyak dicari lewat Google. 

Citayam Fashion Week

Sajian penutup yang meledak untuk tandakan Citayem Fashion Week (PRAMBORS/HELEN)

 

Sebagai makanan penutup, tim reporter diminta untuk menggunakan jas hujan. Setelah siap, semangkuk hidangan penutup yang dilengkapi dengan es krim, coklat, hingga kacang-kacangan hadir dengan cantik di depan tim reporter. 

Namun, kecantikan tersebut langsung ‘meledak’ kala tim Namaaz Dining menuangkan cairan satu per satu kepada setiap mangkuk. Ledakan tersebut melambangkan Citayam Fashion Week, Kawula Muda! Sebuah gebrakan fesyen di Indonesia yang meledak dengan hebatnya sehingga menjadi sebuah gaya hidup di Jakarta. 

Berita Lainnya