7 Efek Kurang Tidur pada Tubuh, Gampang Lupa sampai Terkena Kanker!

Perbaiki waktu tidurmu yaa, Kawula Muda.

Ilustrasi seorang gadis kecil sedang tidur. (FREEPIK)
Sat, 12 Feb 2022

Kawula Muda pasti pernah merasakan sulit tidur di malam hari, entah setelah beraktifitas ataupun tidak melakukan apa-apa sebelumnya.

Tubuh manusia sebenarnya memerlukan waktu istirahat yang lama. Itulah mengapa kita tidak boleh melewatkan waktu tidur malam 7 hingga 9 jam lamanya.

Ilustrasi susah tidur. (FREEPIK)

 

Ternyata efek kurang tidur pada tubuh, serius, lho, Kawula Muda!

Melansir dari Hello Sehat, berikut efek dan bahayanya jika tubuh kurang tidur:

1. Otak Mudah Lupa

Siapa bilang penyakit lupa bisa dirasakan jika saat tua? Ternyata kondisi ini bisa terjadi loh, di usia dini lantaran kurang tidur.

Kurang tidur malam dapat mengganggu fungsi otak, terutama pada daya ingat. Efeknya kamu bisa kesulitan fokus mencerna dan mengingat. Selain itu kamu dapat menjadi lambat dalam mengambil keputusan secara cepat.

2. Memicu Kanker

Menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM), kebiasaan kurang tidur dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan efek berbahaya, seperti pertumbuhan kanker dalam tubuh.

Ini membuat sel natural killer (BK) hingga 72 persen, dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Sel ini berguna untuk membunuh sel abnormal dalam tubuh yang berkaitan dengan penyakit kanker. Serem ya, Kawula Muda!

3. Memicu Penyakit Jantung

Selain kanker, kurang tidur dapat menyebabkan pembentukan sitokin inflamasi, yang berperan sebagai perkembangan gangguan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Sitokin inflamasi inilah yang bisa menyerang berbagai organ di tubuh, salah satunya pembuluh darah sekitar jantung.

4. Berat Badan Gampang Naik

Berat badan ternyata ada hubungannya dengan efek kurang tidur, nih! Peneliti mengemukakan bahwa durasi tidur mempengaruhi hormon ghrelin dan leptin yang bertugas mengatur rasa lapar, sehingga membuat nafsu makan lebih besar dari biasanya.

5. Memicu Kecelakaan

Efek ini bisa terjadi jika kamu kurang tidur. Contohnya saja, kamu bisa mudah terjatuh yang mengakibatkan luka, memar atau terkilir.

Bahayanya lagi, bisa mengalami kecelakaan jika mengantuk saat berkendara. Jadi, jangan anggap sepele jika waktu tidurmu tidak cukup, ya!

6. Penyakit Mental

Efek yang satu ini dikarenakan kekurangan tidur yang bisa mempengaruhi suasana hati bisa menjadi lebih buruk. Kamu bisa menjadi berpikiran negatif dan mengganggu kesehatan mental.

Jika meningkat, kamu akan mengalami gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan bipolar.

7. Penurunan Fungsi Seksual

Mungkin beberapa orang tidak menyadari efek kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya fungsi seksual. 

Dampak yang ditimbulkan adalah, penurunan hasrat dan gairah untuk melakukan hubungan seksual serta tidak mampu mempertahankan ereksi secara optimal.

Begitu Kawula Muda! Yuk, mulai sekarang perbaiki waktu tidurmu!

Berita Lainnya