5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pekerja

Kawula Muda, siapa nih yang suka tidur siang?

Ilustrasi tidur siang. (PIXABAY)
Thu, 23 Dec 2021

Kawula Muda, sebuah penelitian menyebut kreativitas seseorang yang sering tidur siang akan bertambah seiring berjalannya waktu. 

Bahkan, hal itu terlihat wajar bagi para pekerja Gen-Z dan milenial. Pada dasarnya, memang tidur siang tak hanya baik untuk kesehatan fisik, melainkan juga mental.

Melansir ALODOKTER, tidur siang yang singkat bisa memberi banyak manfaat untuk pekerja. Berikut daftarnya:

1. Memerbaiki suasana hati

Tidur siang akan membuat pikiran Kawula Muda rileks sehingga tidak gelisah atau cemas berlebihan. Ketika stres sudah terkendali, tentu kamu akan merasa lebih santai dan lebih fokus dalam bekerja.

2. Durasi tidur bertambah

Sebagai pekerja, tidak bisa dipungkiri bahwa durasi tidur kerap berkurang. Untuk itu, dengan tidur siang, Kawula Muda bisa menebus jam tidur yang sewajarnya harus delapan jam.

Selain itu, menerapkan pola tidur bifasik juga bisa diterapkan, yakni dengan membagi waktu tidur menjadi 1-1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari.

3. Daya ingat semakin baik

Ilustrasi daya ingat. (PIXABAY)

 

Sebuah riset mengatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan daya ingat hingga kemampuan mengolah informasi. Untuk itu, Kawula Muda yang ingin belajar atau menghafal sebuah materi bisa melakukannya setelah tidur siang agar lebih fokus dan mudah mengingat.

Tak hanya itu, sering-sering tidur siang juga dipercaya mampu mencegah demensia, lho!

4. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Tahu enggak, sih, kalau tidur siang bisa meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah ke otak? Yup, hal itu sudah dibuktikan oleh sebuah riset. Pasalnya, tidur hanya 15-30 menit akan membuat seseorang lebih fokus dan produktif, dibandingkan dengan orang yang kelelahan saat bekerja.

5.Tekanan darah tinggi terhindari

Seperti yang kita ketahui, salah satu faktor tekanan darah seseorang bisa tinggi (hipertensi) yaitu karena stress dan kelelahan.

Keajaiban tidur siang pun kembali dibuktikan oleh sebuah riset. Tak main-main, tidur siang disebut-sebut bisa menurunkan tekanan darah. Bahkan, menjaganya agar tetap stabil.

Mengapa? Alasannya diperkirakan karena tidur siang bisa mengurangi hormon stres kortisol, salah satu hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah. Baiknya, hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur siang, ya.

Berita Lainnya