8 Pulau Terbesar di Dunia, Dua di Antaranya Milik Indonesia

Wajib lo tahu nih, Kawula Muda!

Ilustrasi pulau terbesar di dunia. (EXPEDIA)
Tue, 31 May 2022


Apalah arti sebuah bumi tanpa adanya pulau-pulau di dalamnya. Pulau yang tersebar di seluruh sudut bumi itu berfungsi sebagai berdirinya sebuah negara untuk tempat tinggal para manusia.

Dari sekian ratusan juga pulau yang ada, tak semua memiliki bentuk dan ukuran serupa. Ada beberapa pulau yang dikenal paling besar di dunia.

Namun dilihat dari luasnya, dua pulau terbesar ada wilayah Indonesia. Berikut tujuh pulau terbesar di dunia Kawula Muda perlu tahu!

1.Greenland

Greenland merupakan pulau terbesar di dunia dengan luar mencapai 2.166.086 km² atau sekitar tiga kali ukuran Texas. Greenland adalah bagian dari Denmark.

2. New Guinea

Pulau terbesar selanjutnya adalah New Guinea. Luas wilayah ini mencapai 821.400 km2. New Guinea terletak di sebelah utara Australia, timur wilayah Indonesia, dan baratnya negara Papua Nugini.

3. Kalimantan

Pulau terbesar ketiga terletak di Indonesia adalah Kalimantan dengan wilayah seluas 748.168 km². Pulau yang dulunya bernama Borneo ini meliputi hutan hujan lebat yang dihuni oleh flora dan fauna paling beragam di dunia, termasuk bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldii.

4. Madagaskar

Madagaskar merupakan pulau dengan luas mencapai 587.295 km2. Madagaskar terletak pada 250 mil di lepas pantai Afrika. Madagaskar adalah rumah bagi beberapa satwa liar yang sangat unik, termasuk hampir 40 spesies lemur dan 800 spesies kupu-kupu.

5. Baffin

Baffin merupakan pulau terbesar di Kanada yang terletak di wilayah utara Kanada Nunavut. Luas pulau ini mencapai 507.451 km². Nama pulau Baffin sendiri diperoleh dari William Baffin, seorang navigator Inggris abad ke-17.

6. Sumatera

Pulau Sumatera termasuk dalam 8 pulau terbesar di dunia yang berasal dari Indonesia bersama dengan Kalimantan. Luas wilayah Sumatera mencapai 443.066 km². Pulau ini memiliki sejumlah situs Warisan Dunia UNESCO, seperti Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan Selatan yang ditetapkan pada tahun 2004 lalu.

7. Honshu

Honshu merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama Jepang dengan luas mencapai 227.898 km². Di pulau tersebut terdapat Gunung Fuji dan Danau Biwa. Masing-masing merupakan gunung tertinggi dan danau terbesar di Jepang.

8. Britania Raya

Pulau terbesar terakhir adalah Britania Raya seluas 209.331 km2. Wilayah Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan pulau-pulau lebih kecil dalam kewenangannya, seperti pulai Wight.

Berita Lainnya