Awali Hari dengan Minum Air Putih Hangat, Ini Manfaat Dahsyatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Hai Kawula Muda, minum air putih hangat saat bangun tidur yuk!

Ilustrasi seseorang sedang minum air (UNSPLASH)
Mon, 24 Oct 2022


Sebagian dari kita lebih suka dan terbiasa mengawali pagi dengan minum secangkir kopi, teh, atau air mineral dingin. Bukannya tidak baik, tapi sejumlah pakar dan ahli lebih menyarakan agar kita minum air putih hangat di pagi hari.

Kebiasaan sederhana ini bermanfaat bagi tubuh, mulai dari memperlancar pencernaan, hingga menjaga metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Melansir berbagai sumber, berikut manfaat minum air putih hangat di pagi hari:

1. Melancarkan pencernaan

Minum air putih hangat di pagi hari saat perut kosong dapat membantu proses pencernaan. Minuman hangat memiliki efek vasodilator. Efek ini dapat melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah agar bergegas menuju usus.

Selain itu juga dapat membuat hidrasi tubuh lebih cepat. Sehingga, ketika kita makan setelah minum air putih hangat, suhu hangatnya membantu mengemulsi lemak agar asupan lebih gampang dicerna.

Ilustrasi air mineral. (FREEPIK)

 

2. Mengatasi sembelit

Sembelit biasanya disebabkan minimnya pergerakan di usus. Selain itu, bisa juga disebabkan kekurangan air.

Mengawali hari dengan minum air putih hangat, dapat memicu pergerakan usus dan mengatasi sembelit. Asupan hangat merangsang kinerja perisstaltik usus, sehingga pergerakan usus yang lambat bisa jadi lebih cepat.

3. Meringankan masalah achalasia

Achalasia adalah gangguan kesehatan yang membuat penderitanya kesulitan memindahkan makanan dari kerongkongan ke dalam perut. Terkadang, makanan yang ditelan penderita achalasia macet di kerongkongan.

Dengan mengonsumsi air hangat dapat membantu penderita achalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman.

4. Membantu mengeluarkan racun

Minum air putih hangat dapat membantu meningkatkan suhu utama tubuh. Dengan begitu, kelenjar keringat terangkat.

Saat tubuh berkerigat, racun dalam tubuh ikut keluar. Untuk mendapatkan manfaat ekstra bagi tubuh, kita bisa tambahkan perasan lemon atau teh hijau pada air hangat.

5. Menjaga berat badan ideal

Kebiasaan minum air hangat di pagi hari juga dapat mencegah kelebihan bobot air dalam tubuh dan membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Ahli gizi Cara Walsh RD mengatakan, minum air putih hangat dapat mencegah perut begah dan kembung.

Bagi yang ingin membakar lebih banyak kalori, ia menyarankan untuk mengonsumsi air putih hangat ditambahi sedikit perasaan lemon di pagi hari.

Ilustrasi minum air puith. (FREEPIK)

  

6. Mengatasi flu di pagi hari

Dokter Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS menjelaskan, air putih hangat dapat meringankan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti hidung tersumbat.

Minum air hangat dapat mengatasi hidung tersumbat. Karena suhu yang lebih tinggi dapat mempercepat laju perjalanan lendir. Selain itu, minuman hangat juga dapat menenangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir di kerongkongan.

7. Baik untuk gigi berlubang

Dokter gigi Sanda Molovan, MS, DDS menyebut, bagi penderita gigi berlubang atau ditambal, minuman hangat lebih baik dibanding dingin.

Di beberapa kasus, minuman dingin dapat merusak tambalan pada gigi. Namun, ia mewanti-wanti agar suhu asupan apa pun tidak terlalu ekstrim. Karena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak lapisan pelindung gigi.

8. Melancarkan peredaran darah

Tak beda dengan mandi air hangat, minum air putih hangat juga dapat melancarkan peredaran darah. Sehingga tekanan darah lebih sehat dan risiko penyakit kardiovaskular pun turun.

9. Meredakan nyeri 

Minum air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh. Sehingga membuat otot menjadi tidak tegang dan membantu mengurangi rasa nyeri.

Selain baik dikonsumsi saat bangun tidur, minum air putih hangat sebelum tidur juga memiliki efek menenangkan.

Minum air putih hangat juga dapat membuat perut terasa kenyang. Sehingga dapat membuat kita tidur lebih cepat.

10. Mengurangi stres

Bagi yang sedang dilanda stres dan kecemasan, cobalah minuman hangat seperti air putih hangat. Minuman hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat. Efeknya, otak jadi lebih rileks dan bisa mengontrol rasa panik sepanjang hari.

Minum air putih hangat di pagi hari memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun, perhatikan suhu minuman air putih yang dikonsumsi.

Karena minum air putih yang terlalu panas dapat merusak jaringan di kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di lidah.

Para ahli merekomendasikan untuk minum air hangat di suhu 48 sampai 50 derajat Celcius. Selain itu, perhatikan jumlahnya.

Konsumsi air minum sebelum makan cukup banyak dapat membuat rasa lapar hilang. Hal itu dapat memengaruhi kecukupan nutrisi dalam tubuh.

Berita Lainnya