Awas Berbahaya! Jangan Menggoyang-goyangkan Mobil saat Isi Bensin, Ini Alasannya

Hai Kawula Muda, goyangin mobil saat isi bensin bahaya loh!

Ilustrasi isi bensin. (FREEPIK)
Sun, 28 Aug 2022

Siapa nih yang masih suka menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat mengisi bahan bakar minyak (BBM)?

Nah, buat Kawula Muda yang masih ngerjain kebiasaan lama itu, sebaiknya mulai dihentikan saja ya. Karena disamping unfaedah, menggoyangkan kendaraan saat melakukan pengisian BBM justru berpotensi menimbulkan kebakaran.

Tapi, memangnya kenapa sih orang-orang kok ada yang menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat isi bensin?

Jadi katanya nih, masyarakat biasanya menggoyangkan kendaraannya saat mengisi BBM dengan tujuan supaya aliran bahan bakar masuk sempurna sampai ke celah-celah tangki.

Padahal, posisi tangki bensin umumnya berada lebih rendah dari corong pengisiannya dan itu akan membuat bensin yang merupakan zat cair otomatis mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Zat cair sendiri memang memiliki sifat akan mengisi ruang yang kosong dan selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Oleh karena itu, sebenarnya para pengguna mobil sudah tidak perlu lagi menggoyang-goyangkan mobilnya tersebut saat sedang mengisi bensin.

Ilustrasi pengisian bensin kendaraan (UNSPLASH/Sippakorn Yamkasikorn)

 

Tindakan berbahaya

Untuk urusan ini, Pertamina telah mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan kebiasaan goyang-goyang itu.

Bahkan, SPBU mulai mengampanyekan larangan menggoyang kendaraan saat isi BBM. Salah satunya SPBU Pertamina di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan yang memasang spanduk larangan itu.

Narasi pada pengumuman yang tertempel di SPBU itu yakni Kebiasaan menggoyang mobil & motor saat isi bensin bisa menimbulkan kebakaran.

Hal itu mengacu dari kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle besi bertemu dengan ujung tangki, di saat kedua titik beda muatan bertemu maka terjadi gesekan listrik statis, maka memungkinkan adanya loncatan percikan api.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, menggoyangkan kendaraan saat isi BBM tidak mendatangkan manfaat tertentu.

Eko mengatakan, hal itu cuma mitos dan tidak berpengaruh apa-apa selain membuat kendaraannya bergoyang. Menurutnya bahan bakar bukan benda padat yang perlu cara tertentu agar dapat dimasukkan ke tempat penampungan.

"Menggoyangkan mobil maupun motor saat mengisi BBM, justru dapat mengganggu keamanan di area SPBU," kata Eko dikutip dari CNN Indonesia.

Ia mengatakan, tindakan tersebut bisa berbahaya karena dampak menggoyangkan kendaraan kala isi BBM dapat menyebabkan gesekan nozzle dengan area sekitar tangki atau lubang.

Jika itu dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin akan memunculkan listrik statis dan memicu kebakaran.

"Kebiasaan tersebut dapat menimbulkan gesekan apabila dilakukan secara intens yang berpotensi memunculkan listrik statis yang berbahaya di area pengisian BBM. Hal ini bisa berpotensi memicu bahaya kebakaran," pungkas Eko.

Berita Lainnya