Bacaan Doa Berbuka Puasa yang Penuh Makna dan Dianjurkan dalam Islam

Kawula Muda, simak bacaan doa berbuka puasa yang sahih, ya!

Ilustrasi berbuka puasa (KLIK DOKTER)
Tue, 28 Mar 2023

Doa berbuka puasa menjadi salah satu anjuran yang harus dilakukan oleh umat Islam ketika berbuka puasa. Sebagai salah satu momen yang ditunggu di bulan Ramadan, diperlukan bacaan doa yang sahih untuk membuka puasa.

Kawula Muda, salah satu keutamaan membaca doa berbuka puasa adalah tidak akan tertolak doa yang dipanjatkannya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini ya, Kawula Muda! Simak bacaan doa berbuka puasa yang sahih di bawah ini.

Doa Berbuka Puasa

Kawula Muda, terdapat dua versi doa berbuka puasa yang dibaca Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam riwayat Bukhari dan Muslim serta Abu Daud. Berikut bacaannya:

1. Doa Berbuka Puasa Menurut HR Bukhari dan Muslim

Doa Berbuka Puasa Menurut HR Bukhari dan Muslim (ILUSTRASI PRAMBORS)

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin."

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

2. Doa Berbuka Puasa Menurut HR Abu Daud

Doa Berbuka Puasa Menurut HR Abu Daud (ILUSTRASI PRAMBORS)

“Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.”

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Kapan Doa Berbuka Puasa Dipanjatkan?

Sejumlah pendapat menyatakan bahwa doa berbuka puasa dibaca setelah seseorang berbuka atau pertama kali membatalkan puasanya dengan makan atau minum, Kawula Muda.

Dalilnya sendiri berangkat dalil yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar yang secara tekstual menunjukkan pelafalannya dilakukan setelah usai berbuka puasa, “sebelum minum atau bersantap, cukup membaca "Bismillah" dan setelah itu baru membaca doa buka puasa.”

Pendapat ini didasarkan atas kata kerja yang tertera dalam doa berbuka puasa yang berbentuk lampau (fi'il madhy), seperti dalam lafaz kedua yang artinya, "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Sementara itu, sebagian ulama mengatakan bahwa doa berbuka puasa diucapkan sebelum berbuka puasa dan sebagian yang lain tidak menetapkan waktu membacanya.

Dalam hal ini, ketika seseorang membaca doa tersebut setelah berbuka puasa maka menjadi tanda bahwa orang tersebut telah membatalkan puasa sebelum waktunya yaitu ketika matahari terbenam. 

Meski begitu, sebagian ulama mengatakan bahwa doa berbuka puasa dapat diucapkan sebelum berbuka puasa dan sebagian yang lain tidak menetapkan waktu membacanya.

Kawula Muda, itulah doa berbuka puasa yang insya Allah sahih.

Selamat berbuka puasa, ya!

Berita Lainnya