Bahaya! Jangan Mandi dan Cuci Tangan saat Ada Petir, Ini Alasannya

Simak di bawah ini, ya Kawula Muda.

Ilustrasi mandi (UNSPLASH)
Fri, 30 Sep 2022


Melakukan kegiatan mandi, ternyata harus melihat kondisi sekitar dulu, loh Kawula Muda, termasuk jika ada petir sedang melanda.

Hal ini dikarenakan, petir dapat merambat melalui pipa ledeng, yang bisa memungkinkan siapa saja terluka.

“Yang terbaik adalah menghindari semua air selama badai petir. Jangan mandi, mandi, cuci piring, atau cuci tangan Anda,” kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, melansir dari CNN, Jumat (29/09/2022).

“Risiko sambaran petir melalui pipa ledeng mungkin lebih sedikit dengan pipa plastik dibandingkan dengan pipa logam. Namun, yang terbaik adalah menghindari kontak dengan pipa ledeng dan air mengalir selama badai petir untuk mengurangi risiko Anda tersambar," tambahnya.

Ilustrasi mandi (UNSPLASH)

Itu bukan satu-satunya bahaya yang harus Kawula Muda hindari. Jauhi pula balkon, jangan dekati jendela dan pintu, dan "Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar di dinding beton," kata mereka.

"Hindari juga dan jangan gunakan apa pun yang terhubung ke outlet listrik, seperti komputer atau peralatan elektronik lainnya," kata CDC. “Jauhi telepon kabel. Ponsel dan telepon nirkabel aman saja, jika tidak terhubung ke stopkontak melalui pengisi daya.”

Petir bisa membunuh dengan banyak cara. Serangan langsung paling sering berakibat fatal, kata Pusat Pengendalian tersebut. Akan tetapi, cedera seperti trauma, luka bakar di kulit, serta cedera otak, otot dan mata, dapat terjadi karena menyentuh benda logam yang disambar petir.

Jika petir menyambar saat seorang sedang mandi, maka ada risiko yang muncul, seperti mati rasa atau kesemutan, pingsan, luka bakar karena panasnya air, bahkan hingga henti jantung mendadak.

Berita Lainnya