Baru Tahu! Ternyata Ini Arti Singkatan BH sampai WC!

Kawula Muda, ada yang tahu singkatan robot?

Ilustrasi wanita dan bra. (FREEPIK)
Wed, 19 Oct 2022


Kawula Muda, siapa yang tahu apa arti singkatan BH? Ya, BH atau kutang atau bra ternyata singkatan dar buste houder yang berasal dari bahasa Belanda. Buste houder mempunyai arti kurang lebih penyangga payudara. Nah, siapa yang baru tahu?

Selain BH, dalam kehidupan sehari-hari ternyata banyak banget singkatan yang enggak diketahui asal usul, awal mula, serta artinya. Padahal, singkatan-singkatan ini ternyata punya sejarah sendiri lho!

WC

Buat orang Indonesia, kata WC sering banget didengar. WC biasa digunakan untuk menggantikan kata toilet. WC sendiri ternyata singkatan dari water closet, yang artinya tempat khusus buang air.

DAMRI

Salah satu perusahaan bus yang cukup terkenal di Indonesia adalah DAMRI. Tapi Kawula Muda, tahu enggak apa kepanjangan dari DAMRI? Ternyata DAMRI merupakan singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia.

WiFI

Mengutip dari kompas.com, banyak sumber menyebutkan bahwa WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Namun, berdasarkan sejarahnya, kata tersebut kurang tepat. WiFi diperkenalkan sebagai merek konsumen untuk “Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11” oleh lembaga sertifikasi jaringan AS, Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA) pada 1999 di Atlanta.

Bekerja sama dengan firma konsultasi mereka, WEGA akhirnya memilih nama Wi-Fi agar mudah diingat. Pemilihan nama Wi-Fi awalnya diciptakan sebagai plesetan dari Hi-Fi (High Fedelity). Mereka lalu membuat slogan iklan (tagline) sembarangan yaitu “The Standar for Wireless Fidelity” yang sempat digunakan dalam waktu singkat. Slogan asal-asalan itu lalu membuat masyarakat salah paham dengan mengasumsikan bahwa slogan itu sebagai akronim WFi. Padahal, faktanya WiFI tidak memiliki arti apa pun.

HVS

HVS merupakan singkatan dari Hour Vrij Schrijfpapier yang dalam bahasa Belanda berarti kertas bebas serat kayu.

Internet

Internet ternyata merupakan kepanjangan dari interconnected network.

Kijang

Kijang identik dengan salah satu mobil keluaran Toyota. Banyak orang menyebutnya sebagai Toyota Kijang. Namun, Kijang ternyata merupakan singkatan dari Kerjasama Indonesia Jepang. Diluncurkan pada 1977, Toyota Kijang lahir karena Presiden Soeharto mengeluarkan program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KNBS) pada awal 1970.

Hingga kini, Kijang telah hadir dalam beberapa produk seperti Kijang Buaya, Kijang Doyok, Kijang Super, Kijang Kapsul, Kijang Innova, dan Kijang Innova Reborn.

OK

OK sebenarnya adalah singkatan dari All Correct. Namun, sejak digunakan sebagai bahasa plesetan di Amerika, kata ini berubah menjadi Oll Korect yang kemudian disingkat OK.

NB

NB merupakan singkatan dari bahasa Belanda yaitu notabene yang artinya tambahan pada akhir surat.

AM dan PM

AM berarti Ante Meridiem yang diambil dari bahasa Latin yang berarti sebelum siang hari, sedangkan PM berarti Post Meridiem yang artinya setelah tengah hari.

CMIIW

Buat Kawula Muda yang hobi chatting pasti sudah enggak asing lagi dengan istilah ini. CMIIW merupakan singkatan dari Correct Me If I’m Wrong yang berarti koreksi saya jika saya salah.

Oli

Oli ternyata juga sebuah akronim yaitu Oil Level Indicator yang dalam bahasa Indonesia berarti indikator tingkatan minyak.

NN

NN yang dikenal sebagai anonim atau No Name ternyata kepanjangan dari Nomen Nescio yang berasal dari bahasa Latin. Nomen Nescio artinya adalah tanpa menyebutkan nama.

Robot

Robot dikenal sebagai sebuah kata. Tapi ternyata, robot adalah sebuah singkatan yaitu Residents Official Board of Technology atau sebuah teknologi mesin bergerak yang bisa diperintah.

Nah, Kawula Muda, itu tadi beberapa kata yang ternyata merupakan sebuah singkata. Ada yang baru kamu tahu? 

Berita Lainnya