Mulai dari Batagor sampai Perkedel, Ternyata Nama Makanan Ini Merupakan Sebuah Singkatan!

Kawula muda, ada makanan favorit lo engga?

Ilustrasi Makanan Indonesia (UNSPLASH)
Sun, 04 Sep 2022

Indonesia terkenal memiliki kuliner yang beragam. Penggunaan rempah-rempah dan kekayaan rasa yang unik, membuat kuliner Indonesia terkenal sangat khas.

Keberagaman makanan Indonesia tersebut tidak hanya berdasarkan rasa dan cara mengolahnya. Namun, nama-nama makanan Indonesia ternyata memiliki fakta yang unik juga.

Ilustrasi Makanan Indonesia (UNSPLASH)

 

Ternyata, banyak nama makanan Indonesia yang merupakan sebuah singkatan! Sebut saja beberapa jajanan yang banyak disukai, seperti batagor dan cilok. Nama makanan tersebut ternyata berasal dari singkatan.

Tim Prambors sudah merangkum beberapa nama makanan Indonesia yang ternyata merupakan sebuah singkatan. Kawula Muda, ada yang sadar engga kalau nama makanan di bawah ini merupakan singkatan?

Batagor 

Makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemui ini memang memiliki rasa yang enak. Batagor sendiri adalah singkatan dari b'aso tahu goreng'.

Perkedel

Salah satu olahan kentang yang menjadi favorit semua kalangan ini ternyata memiliki nama yang berasal dari singkatan. Persatuan kentang dan telur adalah kepanjangan dari perkedel. 

Cuanki

Cuanki merupakan singkatan dari ‘cari uang jalan kaki’. Hal ini tentu sejalan dengan cara berjualan cuanki. Zaman dahulu, cuanki dijual dengan cara dipanggul dan berjalan kaki.

Putu

Kue yang mengeluarkan suara khas ketika matang ini juga merupakan singkatan, Kawula Muda. Putu merupakan singkatan dari ‘pencari uang tenaga uap’. Ini dikarenakan cara memasak putu yang menggunakan tenaga uap untuk memasaknya.

Ketoprak

Makanan khas Betawi ini merupakan singkatan dari ‘ketupat taoge digeprak’.

Cilok

Makanan berbentuk bulat, kenyal, dan biasa diisi daging ini ternyata merupakan singkatan dari ‘aci dicolok’. Aci sendiri adalah nama tepung yang digunakan untuk bahan dasar membuat cilok. 

Gehu

Masih dari Jawa Barat, gorengan yang sering disantap untuk sarapan ini merupakan singkatan dari ‘taoge tahu’, Kawula Muda. 

Dari singkatan nama makanan di atas, mana yang jadi favorit lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya